PUBLIKREPORT.com

Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan, Kasat: Kita Proses…

KOTAMOBAGU, publikreport.com – Kepala Satuan (Kasat) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort (Polres) Bolaang Mongondow (Bolmong) Ajun Komisaris Polisi (AKP) Hanny Lukas menegaskan, pemalsuan tanda tangan yang terungkap pada saat verifikasi faktual Panitia Pemungutan Suara (PPS), siap ditindaklanjuti kepolisian. Namun sebelum diusut kepolisian, Hanny menyarankan warga aghar melaporkan dulu hal tersebut ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kotamobagu.

“Pemalsuan masuk unsur pidana,” katanya.

BACA JUGA: BKPP: Pemalsu Tandatangan Bupati, Oknum ASN Perempuan

Namun karena masalah tersebut masuk mekanisme pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), menurut, Hanny, harus lebih dahulu dilaporkan ke Panwaslu Kota Kotamobagu. Di sini penyidik kepolisian menunggu tujuh hari untuk proses penyelesaian di Panwaslu.

“Kita tunggu laporan ke Sentra Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu). Kita proses kalau ada tindak pidananya,” tegasnya.

BACA JUGA: Jerat Hukum Untuk Pelaku Pemalsuan Tanda Tangan

Dugaan kasus pemalsuan tandatangan ini mencuat setelah banyak warga Kotamobagu datang melapor ke Panwaslu. Warga menduga telah terjadi dugaan pemalsuan tandatangan sebagai syarat dukungan terhadap calon perseorangan. Selain pemalsuan tandatangan juga dilaporkan penyalahgunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 

TOTABUAN.co

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Laka Lantas, Karyawan PLN Tewas

Read Next

Jelang Tahun Baru, Polisi Razia Kembang Api, Petasan dan Miras

Leave a Reply