Ellyse: Penghitungan Surat Suara Masih Berlangsung
Suasana penghitungan surat suara di tingkatan PPK di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Ellyse: Penghitungan Surat Suara Masih Berlangsung

POLITIK

TAHUNA, publikreport.com – Penghitungan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Kepulauan Sangihe terus berlangsung, kendati memakan waktu yang cukup lama dalam pembacaan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ellyse Sinadia mengatakan, proses penghitungan surat suara di tingkat PPK berlangsung 20-22 April 2019.

“Pelaksanaanya secara bertahap dan mengikuti sesuai aturan serta ketentuan yang berlaku,” katanya.

Selama dalam proses rekapitulasi penghitungan surat suara, Ellyse menjelaskan, terus mendapat pengawasan dan pengamanan dari aparat berwajib serta instansi/lembaga terkait.

“Aparat tentunya berjaga-jaga sesuai tahapan Pemilu Serentak 2019. Bila rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat PPK selesai, maka dilanjutkan ke tahapan berikutnya yang telah ditentukan yakni pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten,” jelasnya.

BACA JUGA: Sejumlah TPS di Dapil 1 Tomohon PSU Pemilu 2019

Untuk tahapan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten, Ellyse melanjutkan, nantinya akan disiapkan lebih dulu jadwalnya dan dikoornasikan bersama instansi atau lembaga terkait.

“Secepatnya dilaksanakan, dan tentunya akan rapat dulu, untuk menentukan lokasi dan kepastian jadwalnya,” ujarnya.

Hal senada dikemukakan, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Junaidi Bawenti. | ARIFIN M