You are currently viewing Enam Orang Tertimbun Longsor
Kawasan Penambang Tanpa Ijin (PETI Blok Bakan Desa Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondouw. (Foto: totabuan.co)

Enam Orang Tertimbun Longsor

BOLMONG, publikreport.com – Longsor terjadi di lokasi Pertambangan Tanpa Ijin (PETI) yang berada di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Minggu, 03 Juni 2018, sekitar pukul 15.00 WITA. Material Longsoran menimbun enam orang yang sedang berada di lokasi. Lima di antaranya berhasil dievakuasi dari ketebalan longsor sekitar 7 meter dan ditemukan telah meninggal dunia, pada Minggu malam, sekitar pukul 23.50 WITA.

Satu warga lainnya, Molan Mamonto, masih dalam proses evakuasi yang dilanjutkan keesokan harinya, oleh Tim Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten (Bolmong), Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) dibantu kepolisian serta masyarakat sekitar.

Keenam warga tersebut, masing-masing Rian Mamonto (28), Adi Mokodompit (26), Molan Mamonto (55), Wiro Ketangrejo (26), Dodo Mamonto (45) dan Dudi Lenda (45).

BACA JUGA: Lima Penambang di Blok Bakan Tertimbun, Tiga Orang Kritis

BACA JUGA: Aktivitas PETI, PT JRBM Diminta Bertanggung Jawab, Pemerintah Jangan Diam dan Polri Tegakkan Hukum

BACA JUGA: Tertibkan PETI, Tim Gabungan Dapati Lokasi Kosong

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Bolmong, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Gani F  Siahaan menjelaskan, tanah yang longsor berada di atas lubang galian batuan emas dan terjatuh menimpa enam warga.

Pasca musibah tersebut, Polres Bolmong mengumpulkan keterangan para saksi untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan. Polisi juga melakukan penggalangan dan imbauan kepada masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan aktifitas penambangan. | RIO YANTO

Leave a Reply