You are currently viewing ETLE Dipandang Dapat Meningkatkan Pendapatan Daerah
Ilustrasi.

ETLE Dipandang Dapat Meningkatkan Pendapatan Daerah

MANADO, publikreport.com – Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Selasa 23 Maret 2021, resmi dilauching Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta. Launching tilang elektronik tahap pertama ini diikuti 12 Polda (Kepolisian Daerah) di Indonesia, salah satunya Polda Sulawesi Utara (Sulut). Di Sulut setidaknya sudah terpasang kamera ETLE di 11 titik di Kota Manado.

Pemberlakukan ETLE Nasional di Sulut, khususnya Kota Manado, menurut Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw, akan sangat membantu. Untuk itu dirinya memberikan apresiasi atas pemberlakukan ETLE.

“Dengan adanya program ini yang paling merasakan dampaknya adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dalam hal ini Dinas Pendapatan Daerah Sulut,” kata Steven saat mengikuti launching ETLE secara virtual dari aula Catur Prasetya Mapolda Sulut.

Dengan ETLE, Steven mengatakan, secara langsung bisa mengidentifikasi mana wajib pajak yang belum melaksanakan kewajibannya. Karena program yang sangat membantu, Steven menuturkan, sesuai arahan Gubernur Provinsi Sulut, pemerintah akan membantu Polda Sulut untuk menerapkan dan mengimplementasikan ETLE di 15 kabupaten dan kota di Sulut.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Inspektur Jenderal (Irjen) Nana Sudjana mengatakan, ETLE merupakan salah satu penjabarann Program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) yang digulirkan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Kita turut bersyukur, Polda Sulut merupakan 1 dari 12 Polda yang akan menerapkan penegakkan hukum bidang lalu lintas melalui ETLE,” ujarnya.

Leave a Reply