You are currently viewing Forsman: Masyarakat Berharap Jembatan Kuwil Cepat Selesai
Forsman Dandel, Kepala BPBD Kabupaten Minut.

Forsman: Masyarakat Berharap Jembatan Kuwil Cepat Selesai

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Forsman Dandel menjelaskan, tiang pancang Jembatan Kuwil, Kecamatan Kalawat, adalah buatan PT WIKA Beton, yakni anak perusahaan PT WIKA. Hal ini berdasarkan dokumen dari kontraktor pelaksana pembangunan Jembatan Kuwil, PT Sumber Alam Sejahtera.

“Tiang pancang itu sudah ada sertifikat kelayakannya. Tiang pancang yang digunakan kontraktor adalah tiang pancang buatan PT WIKA,” jelasnya.

Kepada Konsultan Perencana dan Kontraktor Pelaksana, yakni CV Eljireh Abadi Konsultan dan PT Sumber Alam Semesta, Forsman mengatakan, sudah diperintahkan membuat kajian teknis yang baru. Termasuk kajian tentang kekuatan tiang pancang yang menopang beban serta kekuatan menahan arus sungai.

BACA JUGA: Bendungan Kuwil Telan Rp 1,42 Triliun

BACA JUGA: Konstruksi Bendungan Kuwil di Minut Serap Rp1,2 Triliun

Diketahui proyek pembangunan Jembatan Kuwil ini telah dihentikan sejak 04 April 2018. Sambil  menunggu kajian teknis terbaru. Karena adanya masalah dalam pembangunan jembatan itu, Forsman mengaku sangat menyesalkannya. Alasannya yang paling dirugikan adalah masyarakat Desa Kuwil dan Kaleosan.

“Masyarakat berharap jembatan cepat selesai, dengan kualitas yang prima,” ungkapnya.

Pagu anggaran proyek pembangunan Jembatan Kuwil mencapai Rp 19.067.131.000. Warga menduga tiang pancang yang digunakan tidak berkualitas karena hanya menggunakan besi 8 milimeter atau besi 8. | G KELAH

Leave a Reply