Generasi Milenial Makin Mudah untuk Punya Rumah
Ilustrasi. (Foto: dream.co.id)

Generasi Milenial Makin Mudah untuk Punya Rumah

Banyak riset menyebutkan harga rumah yang terus naik bisa tak terkejar oleh banyak anak muda, atau yang akrab disapa generasi milenial. Jangankan beli rumah atau apartemen di pusat kota yang dekat dengan pusat aktivitas, hunian di pinggiran kota sekalipun mungkin juga tak terbeli.

Sementara itu Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) DKI Jakarta, Lukas Bong mengatakan, persoalan generasi milenial khususnya profesional muda umumnya menyangkut kemampuan keuangan mereka yang sangat ketat sehingga sulit untuk bisa membeli hunian sendiri.

Rumah.com Property Index juga mencatat kenaikan indeks harga properti nasional sebesar 0,39% secara quarter-on-quarter dan 2,7% secara year-on-year.

Wacana bahwa generasi milenial akan kesulitan memiliki rumah memang cukup beralasan. Apalagi mereka juga punya standar tersendiri dalam urusan fasilitas penunjang seperti yang bikin mereka merasa nyaman, aman dan produktif. Namun hal tersebut juga tidak sepenuhnya benar, ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan generasi milenial agar bisa memiliki rumah.

Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com menyampaikan bahwa pihaknya mengambil peran aktif untuk memberikan advokasi bagi generasi milenial agar bisa memiliki rumah.

Salah satunya adalah dengan menganjurkan generasi milenial untuk memanfaatkan program kepemilikan rumah yang disediakan oleh pemerintah, yaitu dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK).

Prosesnya sama seperti mengajukan cicilan rumah ke bank. Setelah menentukan pilihan rumah yang akan dibeli. Setelah itu akan melalui prosedur normal, seperti BI checking untuk melihat track record dari peserta BPJSTK, dan jangan lupa untuk menyertakan kartu BPJSTK. Jika generasi milenial sudah memenuhi syarat, maka bank akan melakukan pengecekan ke BPJSTK.

Jika semuanya benar-benar telah memenuhi persyaratan maka BPJSTK akan memberikan rekomendasi kepada bank bahwa sesuai evaluasi pemohon KPR tersebut lolos persyaratan kredit. Sehingga permohonan kredit bisa dicairkan dan generasi milenial bisa segera memiliki rumah yang diajukan KPR.

Solusi praktis lainnya bagi generasi yang baru merintis karir dan ingin memiliki properti dengan cara yang relatif lebih terjangkau bisa juga dengan mencoba solusi pembiayaan properti digital lewat Gradana.co.id, sebuah perusahaan rintisan digital lokal.