GP Ansor Gelar Konbes di Minahasa
Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum PP GP Ansor.

GP Ansor Gelar Konbes di Minahasa

MINAHASA, publikreport.com – Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggelar Konferensi Besar (Konbes) ke-XXIII di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Konbes ini berlangsung 18-20 September 2020 di Hotel Mercure Tateli Resort and Convention.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, gelaran Konbes kali ini tergolong istimewa, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019). Konbes di tengah pandemi Covid-19 dijadikan sebagai momentum untuk menegaskan dan menguatkan jati diri. Apalagi disaat Indonesia mengalami berbagai kontraksi akibat dampak Covid-19, sehingga saatnya semua pihak untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, bukan saling mencela atau melakukan tindakan yang kontraproduktif.

Dengan cara itu, Yaqut meyakini, Indonesia bisa bangkit dan mampu membuktikan diri sebagai bangsa yang kuat dalam menghadapi berbagai ujian, termasuk wabah global seperti tengah dihadapi saat ini.

“Ansor sebagai bagian anak bangsa terpanggil untuk mewujudkan keyakinan itu seperti dengan menggelar berbagai aksi sosial dan kemanusiaan selama ini,” jelasnya.

Aksi-aksi nyata Ansor membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, menurut Yaqut, dilakukan dengan pembentukan gugus tugas di semua tingkatan dari pusat hingga ranting. Gugus tugas ini bekerja sama dengan berbagai pihak membagikan jutaan masker, Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, serta mendistribusikan ratusan ribu bantuan sosial (bansos) ke masyarakat dan pondok pesantren.

Leave a Reply