You are currently viewing GSSJ Ratulangie
Gerungan Saul Samuel Jacob RatuLangie.

GSSJ Ratulangie

Nama       : Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob RatuLangie
TTL           : Tondano, 5 November 1890
TTM          : Jakarta, 30 Juni 1949

SAM Ratulangi atau yang biasa dijuluki “The Old Man” ini adalah cendikiawan besar Minahasa yang paling utama pada abad 20. Ia bukan sarjana ilmu pasti alam, tapi sebagai politikus yang mampu membaca situasi saat itu. Ia mendirikan dan menjadi redaktur majalah “Nationale Comentaren” 1938-1942 yang terkenal dan dengan tulisannya mempengaruhi golongan intelektual agar cinta tanah air. Ia merupakan orang Indonesia pertama yang meraih doktor dalam ilmu pasti dan alam.

Saat ia menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat Hindia-Belanda) mewakili Minahasa, ia sering mengucapkan pidato yang mengecam politik pemerintah Hindia Belanda. Karena sikap non-koperatifnya, ia ditangkap pemerintah Hindia Belanda pada bulan Januari 1941.

Pada masa pendudukan, Jepang mendirikan sebuah badan bernama Pusat Tenaga Rakyat yang disingkat PUTERA. Badan ini sendiri dipimpin oleh kedua kawannya yaitu Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Sebenarnya badan ini akan dipimpin oleh Dr. Sam Ratulangi namun ditolaknya dengan alasan ia bukan merupakan solusi untuk menjadi pimpinan dari badan yang akan menaungi suatu bangsa yang mayoritas beragama Islam serta kapasitasnya sebagai putera bangsa Minahasa yang notabene adalah bangsa yang dialergi oleh seluruh komponen masyarakat Indonesia lainnya.

Perlu diketahui bahwa Dr. Sam Ratulangi saat menjadi mahasiswa di Zurich Swiss, ia terpilih menjadi ketua Asosiasi Mahasiswa se-Asia, dimana sejumlah anggotanya kelak menjadi tokoh-tokoh nasional di negaranya masing-masing seperti Jawaharlal Nehru dari India, Presiden Queson dari Filipina, serta Perdana Menteri Jepang Tojo.

BACA JUGA: Riwayat Hidup Dr GSSJ. Ratu-Langie

Leave a Reply