Gubernur: Kalau Manado Kotor, Bagaimana …
ASN dan THL lingkup Pemerintah Provinsi Sulut selama dua hari (Jumat 05 Februari 2021 -Sabtu 06 Februari 2021) dikerahkan untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan diberbagai titik di Kota Manado.

Gubernur: Kalau Manado Kotor, Bagaimana …

MANADO, publikreport.com – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey menegaskan, Kota Manado adalah ibukota provinsi dan menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Sulut.

“Manado kan pusat ekonomi kita. Kalau Manado kotor, bagaimana orang mau datang ke Sulut,” tegas Olly yang didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Olly Dondokambey pada kerjabakti bersih-bersih sampah di Kota Manado, Sabtu 06 Februari 2021.

Dilibatkannya seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sulut dalam pembersihan sampah di Kota Manado, Olly menjelaskan, sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menjaga Kota Manado tetap bersih.

“Kita libatkan semua, serentak,” ujarnya.

BACA: ODSK Kerahkan Puluhan Truk Bersihkan Sampah di Manado

Mengenai lokasi pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kulo, Kabupaten Minahasa, Olly mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulut telah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

“Kita koordinasi dengan Kabupaten Minahasa. Untuk sementara sampah-sampah di Kota Manado kita angkut kesana. Ini karena daya tampung TPA Sumompo yang terbatas,” jelasnya.

Selain di Minahasa, Olly melanjutkan, daerah pembuangan sampah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan Kota Bitung juga masih bisa dimanfaatkan selagi menunggu pembangunan TPA Regional Mamitarang di Iloilo, Wori. TPA Regional Mamitarang diperkirakan akan selesai pada Desember 2021.

Agar permasalahan darurat suatu daerah dapat cepat terselesaikan, Olly berharap ada sinergitas pemerintah kabupaten/kota di Sulut .

“Sinergitas pemerintahan itu harus ada. Menangani persoalan-persoalan darurat tidak bisa kita tangani sendiri,” ucapnya.

Diketahui kerjabakti bersih-bersih sampah di Kota Manado hari kedua, Sabtu 06 Februari 2021 juga dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut. Pembersihan sampah dilakukan 17 titik di Kota Manado dengan melibatkan ASN dan THL lengkap dengan puluhan truk untuk mengangkut sampah ke TPA Kulo, Kabupaten Minahasa. | VERONICA DSK

Tinggalkan Balasan