Olly Dondokambey, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara
Olly Dondokambey, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara

Gubernur Sulut Cabut 42 Izin Tambang

BITUNG, publikreport.com – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengaku sangat mendukung upaya konservasi melalui upaya pelestarian alam. Hal ini diwujudkan dengan mengakomodir kawasan hutan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Sulut.

Komitmen menjaga lingkungan juga dibuktikan Olly dengan tidak menerapkan izin tambang, baik dalam bentuk Kontrak Karya (KK) maupun Izini Usaha Pertambangan (IUP) di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang luasnya dibawah 2.000 meter persegi, serta pencabutan IUP.

“Kami sudah menutup 42 tambang. Supaya pelestarian alam lebih baik,” kata Olly pada peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih, Kota Bitung, Provinsi Sulut, Kamis, 30 Agustus 2018, siang.

Dicabutnya puluhan izin tambang itu, menurut Olly, berdampak positif pada eksistensi kawasan konservasi serta keanekaragaman hayati yang ada di Sulut. Karena telah memberikan berbagai manfaat, antara lain ekosistem pendukung jasa lingkungan air dan pariwisata.

Salah satu contoh nyata dari manfaat tersebut adalah berkembang pesatnya sektor pariwisata yang sangat mengandalkan segala potensi keindahan alam serta keanekaragaman hayatinya.

“Kami juga sedang membangun ekowisata. Sektor pariwisata merupakan salah satu leading sector pembangunan di Sulut. Selama tiga tahun terakhir, terjadi peningkatan yang signifikan terkait jumlah kunjungan wisatawan ke Sulut,” ujarnya.

BACA JUGA: Tambang Illegal di Bolmong Kian Marak. Hutan Rusak, Lingkungan Tercemar
BACA JUGA: Tambang Emas Blok Bakan Ditertibkan

Leave a Reply