Refly Moningka mantan Sekretaris Kecamatan Kakas.
Refly Moningka mantan Sekretaris Kecamatan Kakas.

Gugat Bupati, Mantan Sekcam Menang di PTUN

HUKUM

TONDANO, publikreport.com – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado mengabulkan/memenangkan gugatan Refly Moningka, mantan Sekretaris Kecamatan Kakas atas Bupati Kabupaten Minahasa, Jantje Wowiling Sajouw. Refly menggugat Bupati Kabupaten Minahasa terkait pemberhentian dirinya sebagai Sekretaris Kecamatan Kakas.

“Seluruh gugatan saya telah dikabulkan PTUN Manado,” ungkap Refly di Tondano.

Dalam putusan itu, Refly mengungkapkan, PTUN memerintahkan Bupati Kabupaten Minahasa untuk membatalkan Surat Keputusan (SK) Nomor 461 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Jabatan Administrator Dalam Lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Diperintahkan pula oleh PTUN, Refly melanjutkan, untuk mencabut SK atas nama dirinya.

“Intinya adalah memerintahkan bupati untuk mengembalikan jabatan, dalam arti saya sebagai Sekretaris Kecamatan Kakas,” ujarnya.

BACA JUGA: Perbedaan Gugatan Perdata dengan Gugatan TUN

BACA JUGA: Langkah Hukum Jika Pipa Air Bersih Rumah Diputus

Kepala Bagian Hukum Setdakab Minahasa Wilem Nainggolan saat dikonfirmasi membenarkan adanya putusan PTUN Manado ini. Namun, menurutnya Pemerintah Kabupaten Minahasa akan banding ke PTUN Makassar. Alasannya, untuk pembatalan SK sudah tidak dimungkinkan lagi. Karena aturan terkait batas pergantian jabatan enam bulan sebelum masa jabatan bupati berakhir.

“Sekarang sudah tidak sampai lagi enam bulan, jadi otomatis tak bisa dilakukan pergantian,” jelasnya. | ANTARANEWS.com

Leave a Reply