Hak Dasar Warga
NEED HELP – Yanni Poluan, 51, suffers Elephantiasis (Filariasis Lymphatic) for 12 years needs your help. As you can see, his right leg and testicular area are swelling uncontrollably. These parts of his body are only covered by a political flag that he acquires 10 years ago. Yanni lives in Kelurahan Paslaten Dua, Tomohon Timur Subdistrict, Tomohon, North Sulawesi, Indonesia. (Photo: VICTORIE WUWUNG/publikreport.com)

Hak Dasar Warga

Yanni Risal Yoseph Poluan, warga Kota Tomohon, 12 tahun menderita penyakit kaki gajah

Setiap Warga Negara Indonesia mempunyak hak-hak dasar. Hak dasar ini seperti memperoleh jaminan kesehatan, pendidikan dan masih banyak lagi.

Nah, melihat kasus yang dialami Yanni Risal Yoseph Poluan (51), warga Paslaten Lingkungan XI Kelurahan Paslaten II Kecamatan Tomohon Timur Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), apakah dirinya telah memperoleh hak dasar sebagai seorang warga Indonesia yang tinggal di Kota Tomohon. Di mana dirinya ternyata sudah 12 tahun mengidap penyakit kaki gajah (filariasis limfatik), bahkan dua tahun terakhir dirinya terbatas beraktivitas karena pembengkakatan yang luar biasa terjadi pada bagian kaki dan testisnya.

12 tahun… Apakah waktu tersebut tidak cukup untuk pemerintah mendeteksi bahwa ada anggota masyarakatnya yang menderita. Bukankah ada pemerintah kelurahan, kecamatan hingga kota. Mengingat keluarga sudah berupaya melakukan pengobatan, tapi mungkin karena datang dari keluarga yang kurang mampu sehingga penanganan medis menjadi nomor dua.

Kemana tanggung jawab pemerintah terhadap warganya. Apakah cukup kemudian dikatakan yang bersangkutan sudah sementara diproses untuk mendapat Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai Keluarga Penerima Manfaaat (KPM). 12 tahun baru diproses. Hmmm…

Yang diperlukan penderita penyakit kaki gajah, Yanni RJ Poluan adalah penanganan medis.

Kota Tomohon yang terbilang kota kecil telah dibangun Puskesmas, Pustu dan Poskesdes yang banyak. Namun, banyak Pustu dan Poskesdes yang tidak difungsikan. Jika sekedar membangun gedung, tapi pada akhirnya masih ditemukan ada warga yang menderita penyakit kaki gajah hingga 12 tahun lamanya ini ironis…. Apalagi Kota Tomohon, baru-baru ini meraih Universal Heath Coverage bahkan Kota Sehat.

BACA JUGA: Yanni Poluan, 12 Tahun Idap Penyakit Kaki Gajah

BACA JUGA: Yanni Poluan, Penderita Kaki Gajah Butuh Uluran Tangan