Hama Serang Tanaman Kelapa di Minut
Hama ulat api yang menyerang tanaman kelapa di Kabupaten Minut, Provinsi Sulut. Hama ulat api merupakan famili Limacodidae, larva dari ngengat, hidup terutama pada pohon palem-paleman.

Hama Serang Tanaman Kelapa di Minut

MINUT, publikreport.com – Perubahan cuaca, membuat tanaman kelapa di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai diserang hama ulat api. Hama ini menyerang daun kelapa muda hingga kering. Akibatnya, ratusan hektar kelapa di daerah itu terancam mati.

“Dari 40 ribuan hektar kelapa di Minut, sudah ada sekitar 200 hektar yang terserang hama ulat api ini,” kata Kepala Dinas Pertanian (Dintan) Kabupaten Minut, Wangke Karundeng, Rabu 27 Mei 2020.

Mengantisipasi penyebaran hama tersebut, Wangke menjelaskan, pihaknya bersama petani melakukan pembersihan lahan, pengasapan hingga pengendalian biologis. Upaya ini diharapkan bisa menurunkan jumlah hama.

BACA JUGA: Populasi Kelapa Diakui Pemerintah Makin Menurun

“Ada beberapa upaya yang sementara kami buat agar perkembangan ulat ini tidak semakin besar. Ini perlu karena Minut terkenal dengan hasil produksi kelapa,” ujarnya.

Secara taksonomi, ulat api merupakan famili Limacodidae. Ulat api merupakan larva dari ngengat, hidup terutama pada pohon palem-paleman, seperti kelapa, kelapa sawit, dan palem. | GLENLY B

Tinggalkan Balasan