HRD PT Kawanua Puspa Buana: Serikat Pekerja Kami Baru Dengar-dengar

HRD PT Kawanua Puspa Buana: Serikat Pekerja Kami Baru Dengar-dengar
Kantor HRD PT Kawanua Puspa Buana yang memproduksi Jordan Bakery. Kantor ini terletak di Jalan Lingkar Timur, Kelurahan Paslaten, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. (Foto: publikreport.com)

TOMOHON, publikreport.com – Staf HRD (Human Resource Develompment) PT Kawanua Puspa Buana yang memproduksi Jordan Bakery, Nini Pontoan mengaku pihaknya mengetahui persis tentang adanya pembentukan Serikat Pekerja (SP) di perusahaan itu.

“Dengar-dengar sudah terbentuk. Dengar-dengar saja,” jelasnya kepada publikreport.com, Selasa, 10 Juli 2018, siang.

Menyebut bukankah Serikat Pekerja di PT Kawanua Puspa Buana ini sudah dideklarasikan, Nini sama sekali mengaku tidak mengetahuinya.

Apakah mungkin Serikat Pekerja ini belum memberitahukan atau belum memasukkan administrasi pembentukan Serikat Pekerja ini, Nini membenarkannya.

“Belum ada administrasi yang masuk dan tidak ada pemberitahuan,” ujarnya singkat.

Padahal, menurut  Ketua DPC FKUI SBSI Kota Tomohon, Rocky Paat, Serikat Pekerja (SP) di PT Kawanua Puspa Buana sudah terbentuk. Ketika belum lama dideklarasikan Serikat Pekerja ini anggotanya hanya belasan saja. Kini sudah hampir seratus orang.

“Pembentukan Serikat Pekerja di PT Kawanua Puspa Buana ini berawal dari adanya permasalahan perburuhan di dalamnya. Sehingga sejumlah pekerja di dalamnya berinisiatif membentuk Serikat Pekerja,” kata Rocky.

Salah satu masalah perburuhan di perusahaan tersebut, sebagaimana tuturan salah satu karyawan (sopir) ekspedisi Jordan Bakery, Flicky Pitoy adalah ketika dirinya mengalami kecelakaan lalu lintas di Limboto, Provinsi Gorontalo.

“Saat itu saya membawa truk dengan muatan roti ke daerah Gorontalo. Dan terjadi kecelakan lalu lintas. Kecelakaan ini dibuktikan dengan laporan polisi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Banyak Masalah Tenaga Kerja, Ini Jawaban PT Kawanua Puspa Buana

BACA JUGA: SBSI: Banyak Masalah Perburuhan di Tomohon

Leave a Reply