Ibukota Negara ke Kaltim, Manado Bakal Jadi Kota Metropolitan
Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Ibukota Negara ke Kaltim, Manado Bakal Jadi Kota Metropolitan

MANADO, publikreport.com – Pemerintah pusat menetapkan Manado menjadi salah satu Kota Metropolitan di Indonesia.

Hal ini dikemukakan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey saat menerima kunjungan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado periode 2019-2024 di ruang kerjanya, Rabu 28 Agustus 2019.

Dengan dijadikannya Manado, Kota Metropolitan otomatis akan lebih banyak wisatawan yang akan datang ke Manado. Sehingga perputaran ekonomi di Manado lebih bagus, lebih banyak investor datang, banyak pembangunan datang berarti menyerap juga tenaga kerja di Manado. Yang perlu disiapkan yakni Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Olly menjelaskan sejumlah dampak menguntungkan yang bakal diterima Manado sebagai Kota Metropolitan terkait rencana pemindahan ibukota negara ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Mengenai SDM, Olly mengungkapkan, telah dikirim 200 pelajar Sulut untuk belajar di China. Menurutnya keunggulan SDM memegang peran penting dalam pembangunan sektor pariwisata di Sulut.

Supaya nanti kalau ada turis datang ke Manado kita bisa gunakan SDM yang ada di Manado,” ujarnya.

BACA JUGA: Di Kaltim, Ibukota Indonesia Baru

BACA JUGA: Jarod Manado, Warga Sebut DPRD Tingkat III

Tak kalah penting, Olly mengingatkan, adalah sinergitas dalam mempercepat pembangunan infratruktur di Manado. Diungkapkannya, sebagian proyek infrastruktur di Sulut ditanggung pemerintah pusat, sehingga tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Manado.

Semua akan terlaksana jika ada sinergitas antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kota Manado,” tegasnya. | VERONICA DSK