You are currently viewing Ide Penerbangan Manado-Davao: Sinyo: Berawal Pertemuan Saya dengan Dubes Leehiong
Dubes RI untuk Filipina, Sinyo Harry Sarundajang, bersama sejumlah pejabat melaksanaan upacara ketibaan Garuda Indonesia di Bandara Fransisco Bangoy International Airport dalam penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Bandara Sam Ratulangi, Manado, Jumat 27 September 2019.

Ide Penerbangan Manado-Davao: Sinyo: Berawal Pertemuan Saya dengan Dubes Leehiong

MANADO, publikreport.com – Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Filipina, Sinyo Harry Sarundanjang mengungkapkan, ide pembukaan penerbangan Manado, Indonesia-Davao, Filipina, berawal dari pertemuannya dengan Dubesr Leehiong T Wee pada 01 September 2018. Saat itu keduanya sepakat untuk kembali membuak penerbangan langsugn Manado-Davao untuk meningkatkan kerja sama bidang perdagangan, pariwisata dan investasi antara kedua negara.

Sejak itu berbagai upaya dilakukan guna mendorong maskapai penerbangan kedua negara menjajaki pembukaan rute penerbangan tersebut,” ungkap Sinyo saat memberikan sambutan pada peresmian menyambut ketibaan Garuda Indonesia di Bandara Fransisco Bangoy International Airport, Davao CIty,Filipina, Jumat 27 September 2019.

Rute penerbangan yang sudah terwujud ini, Sinyo berharap, menyambungkan aktivitas antara masyarakat Indonesia dan Filipina akan semakin meningkat, mengingat Davao dan Manado adalah kota dengan kegiatan ekonomi yang terus tumbuh untuk menjadi pintu bisnis dan pintu destinasi wisata ke seluruh Indonesia.

30 tahun yang lalu, Dubes, Sinyo Harry Sarundajang pernah menjabat sebagai Walikota Bitung pada saat yang sama Walikota Davao City adalah Rodrigo Roa Duterte yang saat ini menjadi Presiden Filipina. Hubungan keduanya sudah terjalin lama.

Penerbangan Manado-Davao ini menindaklanjuti lanjut Air Transport Agreement RI-Filipina yang ditandatangani pada 24 Maret 1972, serta Memorandum of Understanding (MoU) on Expansion of Air Linkages between Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, and the Philippines (BIMP) pada 2007.

BACA JUGA: Penerbangan Manado-Davao Dibahas

Leave a Reply