Indonesia-Jerman Perkuat Kerja Sama
Kanselir Jerman, Angela Markel dan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) membuka Hannover Messe 2021, secara virtual, Senin 12 April 2021.

Indonesia-Jerman Perkuat Kerja Sama

EKONOMI & BISNIS

JAKARTA, publikreport.com – Kanselir Jerman, Angela Merkel berharap perhelatan Hannover Messe 2021 dapat memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi Jerman dan Indonesia.

“Saya mengharapkan pameran ini bisa memberi kontribusi untuk menguatkan ekonomi dan pembangunan kedua negara,” ucap Angela pada pembukaan Hannover Messe 2021 secara virtual, Senin 12 April 2021.

Tahun 2022, Angela mengungkapkan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, disaat Jerman akan menjadi tuan rumah KTT G7. Hal ini dinilainya dapat menciptakan peluang kerja sama yang lebih strategis bagi kedua negara.

Indonesia, menurut Angela, merupakan negara mitra yang kuat bagi Jerman. Kemitraan dengan Indonesia dalam penyelenggaraan pameran internasional, tidak hanya pada Hannover Messe, akan tetapi juga di bidang-bidang lainnya seperti pameran internasional pariwisata Berlin.

“Bagi kami di Jerman, Negara Indonesia merupakan destinasi impian. Itulah salah satu sebab Indonesia pernah menjadi negara mitra di pameran pariwisata internasional,” ujarnya.

Indonesia, Angela mengatakan, tidak hanya dikenal sebagai negara tujuan pariwisata akan tetapi juga negara yang tepat untuk pengembangan inovasi, transformasi teknologi, dan pendidikan vokasi.

“Kami menyambut baik ajakan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk bermitra dalam melakukan transformasi digital di Indonesia. Anda sudah menceritakan transformasi dan pendidikan vokasi, kami juga di masa depan ingin menjadi mitra erat untuk Indonesia untuk sama-sama menghadapi transformasi teknologi dan digitalisasi,” tuturnya.

Hannover Messe yang digelar secara digital Indonesia bertindak sebagai negara mitra (official partner country). Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations ) yang memperoleh kehormatan tersebut. Partisipasi Indonesia dalam Hannover Messe kali ini mengangkat tema Making Indonesia 4.0 dengan slogan Connect to Accelerate.

Indonesia Menuju 10 Besar Kekuatan Ekonomi Global

Tinggalkan Balasan