You are currently viewing Indonesia Menuju New Normal
Ilustrasi.

Indonesia Menuju New Normal

JAKARTA, publikreport.com – Berdasarkan pengalaman keberhasilan negara lain dalam menangani pandemi Covid-19, prasyarat utama yang diperlukan untuk menjamin produktivitas dan keamanan masyarakat adalah:

1) penggunaan data dan keilmuan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk penyesuaian Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB);

2) Penyesuaian PSBB dilakukan melalui beberapa tahapan dan zona;

3) Penerapan protokol kesehatan yang ketat melalui disiplin dan pengawasan oleh aparat;

4) Review pelaksanaan penyesuaian PSBB yang dapat menimbulkan efek jera sehingga dimungkinkan adanya pemberlakuan kembali PSBB secara ketat apabila masyarakat tidak disiplin dalam beraktivitas.

Prasyarat ini digunakan untuk menentukan kriteria langkah-langkah kesehatan yang perlu dilakukan dalam menentukan kebijakan penyesuaian pembatasan sosial.

Kamis 21 Mei 2020, Kementerian PPN/Bappenas menggelar konferensi pers yang menghadirkan WHO Representative to Indonesia, N Paranietharan dan Tim Pakar Modeling Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Panji Fortuna Hadisoemarto. Konferensi pers yang dipimpin Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, bertujuan untuk merumuskan protokol masyarakat produktif dan aman Covid-19, menyusun kriteria langkah-langkah kesehatan terhadap penyebaran Covid-19, serta menentukan kebijakan penyesuaian pembatasan sosial.

Penyesuaian PSBB, menurut Suharso, harus memenuhi tiga kriteria, yakni:

BACA JUGA: WHO: Kemungkinan Virus Corona Tak Akan Hilang

BACA JUGA: New Normal Covid-19, Pemerintah Siapkan Daerah Percontohan

Pertama dan menjadi syarat mutlak adalah epidemiologi, yaitu Angka Reproduksi Efektif atau Rt<1 selama dua minggu berturut-turut. Artinya, angka kasus baru telah menurun setidaknya selama dua minggu berturut-turut.

Kedua adalah kapasitas sistem pelayanan kesehatan yang mensyaratkan kapasitas maksimal tempat tidur rumah sakit dan instalasi gawat darurat untuk perawatan Covid-19 lebih besar dari jumlah kasus baru yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

Ketiga adalah surveilans, artinya kapasitas tes swab yang cukup.

Leave a Reply