You are currently viewing Industri 4.0, SDM Unggul Dibutuhkan
Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan UMKM, M Rudy Salahuddin, dialog bersama kepala sekolah vokasi kopi dan mitra swasta.

Industri 4.0, SDM Unggul Dibutuhkan

MANADO, publikreport.com – Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Rudy Salahuddin menjelaskan, memasuki industry 4.0 dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan handal sesuai kebutuhan Dunia Usaha dan Industri (DUDI). Dalam upaya tersebut pemerintah terus memfokuskan pembangunan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan vokasi sebagai salah satu bagian dari kebijakan pemerataan ekonomi.

“Pendidikan dan pelatihan vokasi penting untuk dilaksanakan,” kata Rudy pada talkshow ‘Vokasi untuk Menciptakan Tenaga Kerja Berkualitas’, Sabtu, 27 Oktober 2018, di Manado, Sulawesi Utara.

Langkah konkret yang dilakukan pemerintah, menurut Rudy, ialah dengan disusunnya roadmap pendidikan dan pelatihan vokasi 2017-2025. Dalam roadmap tersebut terdapat empat fokus kebijakan. Pertama, dengan mendorong pemenuhan tenaga kerja untuk enam sektor prioritas.

“Dalam upaya menyiapkan tenaga kerja untuk produk-produk unggulan yang mempunyai nilai tambah tinggi dan kebutuhan permintaan global, pengembangan kerjasama pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia dapat difokuskan pada enam sektor motor ekonomi Indonesia yaitu agribisnis, pariwisata, e-commerce, manufaktur, healthcare, dan ekspor tenaga kerja,” jelasnya.

Kedua, dengan mendorong pemenuhan tenaga kerja untuk program prioritas pemerintah.

“Pemenuhan tenaga kerja yang akan mendukung program prioritas pemerintah seperti program infrastruktur yang terdiri dari proyek strategis nasional dan proyek non strategis nasional, program pemerataan, dan program pengembangan kawasan,” katanya.

Leave a Reply