Infrastruktur Jalan yang Tak Terurus

Infrastruktur Jalan yang Tak Terurus
JALAN RUSAK - Jalan Raya Tomohon-Tanawangko (antara Kelurahan Kamasi Kecamatan Tomohon Tengah dan Woloan Kecamatan Tomohon Barat) sejumlah titik dalam kondisi rusak yang terbilang parah. Lubang menganga dengan besaran dan kedalaman bervariasi. Kerusakan jalan ini sangat mengganggu kenyaman masyarakat pengguna jalan, bahkan sangat membahayakan keselamatan warga. (Foto: publikreport.com)

Dengan sepeda motor saya kerap berkeliling Kota Tomohon. Kota Tomohon ini adalah tempat saya lahir dan tinggal di salah satu sudutnya. Di kota yang 17 tahun lalu masih berstatus kecamatan inilah saya dibesarkan dan dididik.

Ketika berkeliling di kota yang sangat indah pemandangannya, saya kerap menemui aspal jalanan yang terkelupas, berlubang alias rusak. Jalan sebagai sarana transportasi masyarakat di beberapa tempat sudah sangat memiriskan, masyarakat melalui media sosial kerap mengunggah fotonya dengan caption keluhan kepada pemerintah.

“Pemerintah tolong lia akang (perhatikan) ruas jalan Kamasi-Woloan,” demikian tulis warga media sosial.

“Ruas jalan Wailan-Kayawu kapan diperbaiki. Sangat membahayakan pengguna jalan,” tulis warga media sosial lainnya.

Selain dua ruas jalan ini, dari pemantauan saya, ruas jalan Rurukan-Kumelembuai juga harus segera ada penanganan pemerintah. Jalan  tersebut sangat membahayakan, jurang menganga dengan badan jalan yang tergerus seakan menunggu korban di jalan itu.

Di sisi lain ruas jalan utama yang ada di Kaaten (Matani 1) menuju Tataaran hanya ditambal sulam saja. Pengguna jalan akan merasa nyaman meluncur dengan kendaraan bermotornya ketika tiba di daerah perbatasan (wilayah Kabupaten Minahasa).

Jalan tambal sulam, bahkan sudah digali namun tidak ditambal nampak dibeberapa lokasi. Salah satunya jalan menuju Terminal dan Pasar Beriman Tomohon, tepatnya di depan Sekolah Dasar (SD) Lentera. Parahnya lagi, persimpangan, tepatnya di depan Menara Alfa Omega jalannya nampak rusak. Kerusakan titik jalan di pusat kota ini sudah cukup lama. Malah pernah Kepolisian Resort (Polres) Tomohon yang menambal lubang di jalan itu dengan menggunakan semen dan bahan lainnya.

Jalan-jalan di Kota Tomohon sebenarnya memang mengasyikan. Tapi memang keasyikan ini terusik dengan banyaknya jalan rusak. Dari jalan yang rusak ini, keriangan menikmati pemandangan alam yang indah juga dirusak dengan pilah-pilah jalan yang nampak tak terurus. Rumput/ilalang tumbuh subur tinggi di pinggiran jalan. Di banyak tempat, bahkan saluran air (got) sudah tidak nampak lagi (tertutup tanah).

BACA JUGA: Mimpi Menyapa Dunia

Leave a Reply