Infrastruktur Jalan yang Tak Terurus
JALAN RUSAK - Jalan Raya Tomohon-Tanawangko (antara Kelurahan Kamasi Kecamatan Tomohon Tengah dan Woloan Kecamatan Tomohon Barat) sejumlah titik dalam kondisi rusak yang terbilang parah. Lubang menganga dengan besaran dan kedalaman bervariasi. Kerusakan jalan ini sangat mengganggu kenyaman masyarakat pengguna jalan, bahkan sangat membahayakan keselamatan warga. (Foto: publikreport.com)

Infrastruktur Jalan yang Tak Terurus

BACA JUGA: Malam Hari, Tomohon Gelap

Sementara lahan perkebunan warga, nampak bersih. Melihat hal ini, dalam hati saya berkata, mengapa warga tidak secara mandiri membersihkan pilah-pilah jalan yang ada di depan kebun masing-masing.

“Warga harus berpartisipasi dalam pembangunan. Salah satunya adalah dengan menjaga hasil-hasil pembangunan yang dilakukan pemerintah,” gumam saya.

Banyaknya infrastruktur jalan yang tak terurus ini, di sisi lain, Pemerintah Kota Tomohon terus membangun jalan-jalan baru. Setiap tahun panjang jalan terus bertambah. Entah bagaimana dengan anggaran pemeliharaannya.

Ataukah ini akan menjadi ‘ranjau’ di masa depan, mengingat keterbatasan anggaran nantinya?

Sangat mungkin, pemerintah di masa yang akan datang akan dikritik habis-habisan karena  kian banyaknya jalan yang rusak.

Saat ini (2019) kota ini memang baru berusia belia (16 tahun, sejak berotonom). Pemerintah terutama kepala/wakil kepala daerah seolah mencari/memberikan pencitraan, bahwa telah membangun. Tapi, bagaimana pemeliharannya? Kan ada anggarannya?

Para pejabat dan staf (bawahan) masing-masing (yakni mereka yang berstatus ASN (Aparatur Sipil Negara) terutama PNS (Pegawai Negeri Sipil) diharapkan tidak sekedar memberikan masukan yang asal bapak senang kepada kepala/wakil kepala daerah. Ingat kalian adalah profesi seumur hidup, bahkan hingga pensiun masih digaji negara. Sedangkan kepala/wakil kepala daerah adalah jabatan politis yang dijabat setiap lima tahun dan jika menang kembali pada Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) tambah lagi lima tahun. Heheheee….

BACA JUGA: EMAS yang Tak Berkilau