Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ingin Lulus Tes Mengemudi, Ini Tipsnya

Tes mengemudi merupakan salah satu kesempatan untuk kita agar bisa lebih mahir dalam mengendarai mobil dan juga mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) agar bisa mengemudikan kendaraan dengan bebas. Beberapa orang merasa nervous saat ingin menjalankan sebuah tes mengemudi dan mengakibatkan mereka tidak lolos.

Maka dari itu, bagi otolovers yang ingin belajar mengendarai mobil dan ingin segera lulus tes mengemudi hingga mendapatkan surat izin mengemudi, Autoguide.com telah membuat beberapa tips manjur bagi Anda yang ingin lolos dalam tes tersebut.

Sebelum Anda melompat ke tes yang sebenarnya, maka ada baiknya jika Anda belajar di rumah. Pinjam mobil teman atau belajar dari internet atau buku-buku mengenai tata cara mengemudi yang benar. Kemudian, saat dalam tes, pastikan Anda fokus dan perhatikan area sekitar. Jangan angkat handphone Anda saat mengemudi dan pastikan pandangan Anda lurus kedepan.

Perhatikan rambu jalan, hindari mengemudi kebut-kebutan dan jangan membuntuti mobil yang ada di depan. Garis bawah, jangan lakukan hal konyol. Saat sedang mengemudi, pastikan tangan Anda tetap tertempel di atas kemudi mobil dan jangan sekali-sekali dilepas, apa pun kondisinya. Pegang kemudi mobil Anda pada posisi jarum jam 3 dan 9 pas. Strategi ini sangatlah penting dan mampu membuat para instruktur senang dan merasa aman.

Kemudian, selalu perhatikan area sekitar Anda apakah sudah aman atau ramai dengan kendaraan. Gunakan kaca spion Anda dan juga sering kali melihat daerah sekitar mobil. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir probabilitas terjadinya tabrakan atau benturan kecil. Pastikan juga Anda selalu sigap dan mengerem kendaraan Anda tepat waktu saat ingin berbelok atau mengganti jalur.

Dan tips terakhir dan patut Anda ketahui adalah, jangan menabrak apa pun. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda secara otomatis akan gagal dan harus mengulang kembali. Untuk menghindarinya, cukup perhatikan daerah sekitar Anda dan cobalah untuk berhati-hati saat mengemudi. Semoga tips-tips di atas dapat membantu otolovers agar segera lulus dari sekolah mengemudi. | OTOSIA.com

Leave a Reply