Ini Konsekwensi Logis di Negara Hukum
Edwin Silangen, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut.

Ini Konsekwensi Logis di Negara Hukum

MANADO, publikreport.com – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut), Edwin Silangen menjelaskan konsekwensi logis sebagai negara hukum, maka seluruh tindakan dan perbuatan dari setiap individu, kelembagaan atau badan yang berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus digerakkan atas dasar hukum. Sehingga sudah menjadi tuntutan dan kewajiban bagi penyelenggara negara, pemerintah daerah (pemda) serta seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) untuk senantiasa bergerak dalam koridor hukum dan aturan yang berlaku disetiap ranah pelaksanaan tugas yang diemban.

Beranjak dari pemahaman itu, maka lomba Kelompok/Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) merupakan salah satu inovasi solutif dalam mengasah kemampuan keluarga/kelompok untuk semakin sadar hukum,” kata Edwin saat membuka Lomba Kadarkum Provinsi Sulut 2019 di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Manado, Rabu 07 Agustus 2019.

Semua pihak, Edwin mengajak untuk memperkuat komitmen dan mendukung berbagai upaya pembangunan di Sulut. Karena melalui Lomba Kadarkum ini, diyakininya, akan memberikan daya dorong bagi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga mampu memberikan kontribusi positif yang komprehensif dan solutif dalam menyikapi tantangan kedepan.

Saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu wahana pemantapan kapasitas diri guna mengembangkan budaya hukum di semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulut, Efendy Peranginangin mengatakan tujuan kegiatan adalah agar setiap anggota masyarakat dapat mengetahui dan meningkatkan kesadaran terhadap hak dan kewajibannya sebagai warga negara indonesia serta memahami dan menaati hukum yang berlaku. | VERONICA DSK