Israel Temukan Bukti Romawi dan Kristen 2000 Tahun Lalu
Reruntuhan bangunan gereja katedral Katolik Chaldean Em Al Ahzan yang berada di situs arkeologi di Kirkuk, Irak, 03 Agustus 2017. (Foto: Reuters/Ako Rasheed)

Israel Temukan Bukti Romawi dan Kristen 2000 Tahun Lalu

Arkeolog Israel telah menemukan bukti keberadaan tentara Romawi dan peningggalan Kristen di wilayah itu sejak abad ke 2 dan 3.

Bukti arkeologi ini termasuk sebuah perkemahan militer Romawi,dan sebuah panci memasak yang berisi abu kremasi kemungkinan tentara, yang ditemukan di Legio dekat Tel Megiddo di utara Israel.

Kamp itu dikabarkan berasal dari abad kedua dan ketiga. Keberadaannya memberikan bukti untuk asumsi bahwa Galilea adalah lokasi dari markas utama militer Romawi hampir dua ribu tahun yang lalu.

Pangkalan ini dilaporkan memiliki luas sekitar 300 hingga 500 meter persegi.

Penggalian situs itu berlangsung dari 2013 sampai 2017, dipimpin oleh Yotam Tepper, seorang arkeolog di Universitas Haifa di Israel, dan dilakukan bersama dengan Otoritas Barang Antik Israel.

Tepper mengatakan dia telah mempelajari wilayah ini sejak 1998. Dalam pekerjaannya yang lain di wilayah itu dengan Otoritas Kepurbakalaan Israel, Tepper menemukan sebuah rumah doa Kristen, yang berasal dari abad ketiga. Ini menurutnya merupakan rumah ibadah Kristen tertua ditemukan di tempat yang sekarang dikuasai Israel.

BACA JUGA: Mengenal Tiga Tempat Suci di Yerusalem