You are currently viewing Jalankan Coklit, KPU Bentuk PPDP
Ilustrasi.

Jalankan Coklit, KPU Bentuk PPDP

MINUT, publikreport.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sejak 24 Juni hingga 14 Juli 2020, melakukan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). PPDP akan menjalankan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit).

PPDP ini akan melakukan coklit terhadap data pemilih yang telah dibuat KPU. Hasil dari PPDP nantinya akan berpengaruh kepada jumlah daftar pemilih dan juga lokasi pemilih untuk melakukan pencoblosan,” jelas Komisioner KPU Kabupaten Minut, Hendra Lumanauw.

Data pemilih yang telah disusun ini, menurut Hendra, merupakan tantangan tersendiri. Salah satunya karena tidak sedikit penduduk yang berpindah domisili tetapi tidak melakukan update atau pemutakhiran data kependudukan di Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil). Hal-hal ini yang tentu akan berpengaruh kepada jumlah daftar pemilih.

Tahapan ini tentu menjadi bagian penting, karena menjadi salah satu indikator yang menentukan partisipasi masyarakat,” katanya.

Jika penduduk tidak dimudahkan dalam mencoblos, misal lokasi rumah dengan TPS (Tempat Pemungutan Suara) berjauhan, tentu itu menjadi salah satu faktor penghambat masyarakat untuk memilih. Hal ini harus diakui masih terjadi dalam Pemilu (Pemilihan Umum) 2019 lalu.”, tambahnya.

BACA JUGA: Sulut Dinyatakan Siap Gelar Pilkada dengan Protokol Covid-19

Leave a Reply