PUBLIKREPORT.com

Jamu Beras Kencur. Cara Membuat, Manfaat dan Khasiatnya

Ilustrasi.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com [responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Play”]

Tanaman obat atau jamu atau herbal sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam upaya pencegahan dan pengobatan penyakit serta peningkatan daya tahan tubuh.

Banyak tanaman obat dan ramuan khas obat tradisional atau obat asli indonesia dimiliki oleh setiap suku bangsa (etnis) di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda tetapi mempunyai komposisi yang kurang lebih sama.

Tanaman yang biasanya digunakan untuk dibuat menjadi jamu, herbal atau obat tradisional biasanya digunakan pula dalam aktivitas hidup sehari-hari baik sebagai bumbu masak maupun bahan baku obat tradisional (jamu atau herbal).

Jamu atau herbal memiliki beberapa keuntungan yaitu relatif aman untuk dikonsumsi, memiliki toksisitaf (efek racun) yang rendah serta biasanya sedikit meninggalkan residu (sisa) yang tertinggal pada tubuh. Salah satu jamu atau herbal populer dikonsumsi yang akan kita bahas kali ini adalah beras kencur.

Beras kencur sudah terkenal di Indonesia sebagai herbal atau jamu yang berkhasiat dan bermanfaat terutama untuk anak-anak yang sulit sekali makan dan memiliki nafsu makan yang kurang.

Ada banyak ramuan berupa campuran herbal agar anak dapat nafsu makan misalnya jamu yang mengandung temulawak. Namun, beras kencur tetap mendapatkan tempat tersendiri karena untuk anak-anak rasa dari beras kencur cenderung tidak “menyiksa” dan cenderung lebih disukai daripada ramuan herbal atau jamu lain.

Hal ini karena jamu beras kencur biasanya bercita rasa getir-manis bercampur sedikit hangat juga segar dari penambahan gula jawa sehingga anak merasa tidak terlalu berat untuk mengkonsumsinya.

Manfaat dan Khasiat Beras Kencur

Read Previous

Berapa Banyak Hutan Dunia yang Telah Menghilang dalam Satu Dekade ini?

Read Next

MotoGP 2020, Balapan Mulai 19 Juli

Leave a Reply