PUBLIKREPORT.com

Jenis Rumput Taman yang Cocok untuk Pekarangan Rumah

Keterangan foto: Ilustrasi rumput sintetis. (shutterstock/archify.com)

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Memiliki pekarangan yang ditumbuhi rumput taman yang hijau pasti akan membuat rumah semakin terasa segar seakan berada di alam bebas, bukan? Nah, jika di rumah ada lahan kosong yang belum terurus, bisa saja area tersebut ditanami rumput taman agar rumah menjadi lebih hidup dan asri.

Untuk jenis rumput taman yang dapat ditanam sebenarnya ada banyak pilihan. Namun, setiap jenis rumput taman memiliki karakteristik dan cara perawatan yang berbeda. Agar tak salah beli, mari simak dulu 7 jenis rumput taman rumah yang cocok untuk Anda!

Rumput Jepang

Rumput taman rumah dengan karakteristik yang runcing, tipis dan kurus ini tidak berasal dari Jepang seperti namanya, sehingga, rumput Jepang tetap cocok untuk ditanam di negara tropis. Bentuk rumput yang rapat dan rapi membuat rumput Jepang menjadi salah satu jenis rumput taman rumah yang paling diminati. Akan tetapi, karakteristik daunnya yang runcing juga menjadikannya kurang cocok untuk diduduki. Perawatan rumput Jepang cukup mudah. Karena pertumbuhannya yang lambat, rumput ini tidak perlu terlalu sering untuk dipangkas. Namun pemberian pupuk secara berkala tetap diperlukan agar warna rumput tidak menguning.

Rumput Manila

Rumput manila merupakan jenis rumput taman yang sering digunakan di lapangan sepakbola. Rumput ini disebut-sebut sebagai jenis rumput berkualitas tinggi karena sangat tahan terhadap pijakan kaki manusia. Sifat rumput manila yang kuat membutuhkan perawatan yang ekstra. Rumput taman ini perlu disiram, dipangkas, dan diberi pupuk secara rutin agar kualitasnya tetap terjaga. Bujet ekstra juga perlu disiapkan jika Anda tertarik untuk membeli dan menanam jenis rumput taman rumah ini di pekarangan rumah.

Rumput Gajah Besar

Disebut dengan nama rumput gajah besar karena jenis rumput taman rumah ini memang memiliki ukuran daun yang paling besar dibandingkan jenis rumput lainnya. Ukurannya yang besar ini merupakan kelebihan rumput gajah besar karena membuatnya tahan terhadap pijakan kaki manusia. Harganya yang murah dan perawatannya yang mudah membuat rumput gajah besar menjadi salah satu jenis rumput yang paling digemari di negara tropis.

Rumput Gajah Mini

Jenis rumput taman rumah yang berikutnya adalah rumput gajah mini. Perbedaan rumput gajah mini dengan rumput gajah besar adalah ukuran helai daunnya yang lebih mini atau kecil, dengan pola pertumbuhan yang menyamping. Rumput gajah mini juga menjadi jenis rumput taman rumah favorit karena perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan terlalu banyak cahaya matahari.

Rumput Peking

Secara bentuk, rumput peking memiliki karakteristik yang mirip dengan rumput jepang dengan daun yang kurus, rapi, dan runcing. Perbedaannya adalah, rumput peking tumbuh secara jarang-jarang. Rumput peking tidak perlu terlalu sering diberi pupuk, cukup 2 bulan sekali agar rumput ini tidak menguning. Namun, rumput peking perlu dipangkas secara rutin karena laju pertumbuhannya yang cukup cepat dan lebat. Rumput taman rumah ini juga memerlukan cukup banyak cahaya matahari agar warnanya tetap hijau segar.

Rumput Babat

Rumput babat juga sering disebut dengan nama rumput golf karena biasa digunakan sebagai rumput di lapangan golf. Ukuran helai daunnya yang kecil dan pendek membuat rumput babat menjadi jenis rumput favorit belakangan ini. Rumput ini membutuhkan banyak cahaya matahari agar dapat tumbuh subur dan berkembang biak dengan baik. Untuk perawatannya, rumput taman rumah ini perlu dipangkas dua minggu sekali agar tetap tumbuh dalam kondisi rapi.

Rumput Sintetis

Jenis rumput yang terakhir adalah rumput sintetis. Di daerah yang sulit untuk ditanami rumput, rumput sintetis bisa menjadi solusi agar rumah terlihat tetap asri. Rumput sintetis juga cocok bagi orang yang tidak mau repot menanam dan merawat rumput taman secara rutin. Rumput sintetis tahan terhadap kondisi panas dan dingin sehingga cocok untuk ditanam di segala tempat. | ARCHIFY.com

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Amanda Manopo Minta Klarifikasi

Read Next

Penyelundupan Captikus ke Papua Digagalkan Polisi