Jack Paruntu, Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Minut.
Jack Paruntu, Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Minut.

Jle’s Dive Centre and Resort Disebut Tak Miliki Ijin Reklamasi

AIRMADIDI, publikreport.com – Polemik pembangunan JLe’s Diving Center and Resort di Desa Minaesa, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sampai saat ini masih dipertanyakan masyarakat. Sebab, pembangunan objek wisata tersebut dinilai telah melanggar ijin lingkungan karena sudah melakukan reklamasi pantai tanpa ijin pemerintah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DinPM & PTSP) Kabupaten Minut, Jack Paruntu mengatakan jika sesuai pembangunan objek wisata itu hanya memiliki Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL) untuk pembangunan cottage. Sementara untuk reklamasi tidak ada.

“Sesuai informasi dari tim pengendalian dan pengawasan kami, mereka dari pihak perusahaan hanya bisa menunjukkan SPPL cottage. Katanya untuk SPPL reklamasi baru akan diurus ke DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Provinsi Sulut,” jelas Jack.

BACA JUGA: DinLH Minut Hentikan Pengerjaan Jle’s Dive and Resort

BACA JUGA: DPRD Minut Agendakan Hearing dengan Jle’s Dive Centre and Resort

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DinLH) Kabupaten Minut, Theodora Luntungan membenarkan jika perusahaan objek wisata itu hanya memiliki SPPL Cottage. Pembuatan SPPL itu dilakukan pada tahun 2017 lalu.

“Memang hanya SPPL Cottage. Kalaupun untuk membuat ijin lingkungan, itu harus melalui Perangkat Daerah ini untuk mendapatkan rekomendasi,” ujarnya. | GLENLY B

Leave a Reply