Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau rencana perluasan Bandara International Sam Ratulangi, Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis 04 Juli 2019.
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau rencana perluasan Bandara International Sam Ratulangi, Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis 04 Juli 2019.

Jokowi Perintahkan Perluasan Bandara Sam Ratulangi, Manado

MANADO, publikreport.com – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan perluasan Bandar Udara (Bandara) International Sam Ratulangi Manado agar mampu menampung penumpang lebih banyak lagi. Perluasan tersebut diperkirakan akan dapat melayani hingga 6 juta penumpang per tahun dari yang sebelumnya berada pada kisaran 2,5 juta orang per tahun.

Pertama, terminal di sini kita lihat memang sudah tidak mencukupi lagi apabila yang ingin datang (turis) kita terima semua. Kedua, runway-nya juga masih kurang panjang apabila pesawat berbadan lebar ingin turun di Manado,” kata Presiden Jokowi mengenai kondisi Bandara Sam Ratulangi usai meninjau lokasi yang direncanakan sebagai tempat perluasan bandara tersebut, Kamis 04 Juli 2019, siang

Masuknya wisatawan asing ke Kota Manado selama beberapa tahun, menurut Jokowi, belakangan memang meningkat, dan mendongkrak tingkat penerbangan internasional. Permintaan akan perluasan bandara oleh para agen perjalanan wisata dan konsumen sendiri juga sering terdengar.

Oleh sebab itu sudah kita perintahkan agar segera dibangun terminal yang baru. Akan dimulai nanti bulan September ini dan akan diselesaikan Agustus 2020,” jelasnya.

Program perluasan Bandara Sam Ratulangi sebagai pendukung industri pariwisata Sulawesi Utara direncanakan akan menjadikan terminal bandara yang semula seluas 26.000 meter persegi menjadi 56.000 meter persegi. Perluasan tersebut diperkirakan akan dapat melayani hingga 6 juta penumpang per tahun dari yang sebelumnya berada pada kisaran 2,5 juta orang per tahun.

Bersamaan dengan perluasan bandara tersebut, pemerintah juga akan membangun sekaligus membenahi kawasan-kawasan wisata yang ada di sekitarnya. Hal inilah yang menjadi tujuan utama Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Sulut, Kamis 04 Juli 2019.

Leave a Reply