You are currently viewing Jumat, Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Terpilih
Ilustrasi.

Jumat, Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Terpilih

MANADO, publikreport.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) telah menetapkan Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 09 Desember 2020.

Untuk itu, menurut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut, Edwin Silangen, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut tengah mempersiapkan periode kedua kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut terpilih.

BACA: Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dari Masa ke Masa

“Rencana pelantikan akan dipimpin Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Jumat (12 Februari 2021, red) pekan ini,” ungkap Edwin pada rapat koordinasi dan evaluasi (rakorev) pelaksanaan tugas-tugas lingkup Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sulut, Selasa 09 Februari 2021.

BACA: Senin, Pelantikan ODSK Sebagai Gubernur dan Wagub Sulut Terpilih

Tentang SIMDA ke SIPD

Dalam rakorev itu, Edwin juga menjelaskan tentang penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2021 yang sudah dimulai sejak Januari, namun masih terkendala. Kendala tersebut berkaitan dengan sistem. Dimana sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terjadi perubahan sistem keuangan dari yang dulunya SIMDA (Sistem Informasi Manajemen Daerah) ke SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah).

“Kendala ini bukan hanya di Provinsi Sulut, akan tetapi hampir di semua daerah kabupaten/kota mengalami sehubungan dengan penerapan SIPD ini,” kata Edwin.

Sesuai arahan Kemendagri, Edwins mengatakan, mereka diminta untuk menggunakan manual catat konvensional atau catat melalui aplikasi SIMDA.

“Kita berasumsi bahwa bisa pakai SIMDA, tetapi juga kita pararelkan dengan SIPD,” ujarnya.

Kepada para asisten dan kepala biro di Setdaprov Sulut, Edwin meminta agar mempersiapkan gerak pelaksanaan APBD dari masing-masing biro.

“Karena kita, biro-biro yang ada di kantor gubernur ini harus menjadi contoh dan teladan kepada perangkat daerah yang lainnya,” tegasnya. | VERONICA DSK

Leave a Reply