dr Deysi Pantouw, Kepala Puskesmas Kawangkoan Barat.
dr Deysi Pantouw, Kepala Puskesmas Kawangkoan Barat.

Kanonang 1 Jadi Kampung Tangguh, dr Deysi: Kami Bersyukur

MINAHASA, publikreport.com Kepala Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Kawangkoan Barat, dr (dokter) Deysi Pantouw mengucap syukur atas ditetapkannya Desa Kanonang 1, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai Kampung Tangguh Nusantara.

Kami bersyukur karena desa ini membuat banyak inovasi. Selain ketahanan pangan, pemerintah desa juga membuat inovasi kesehatan. Mereka membuat Jumanprovid atau Juru Pemantau Protap Covid. Jadi di desa ini ada tim gugus khusus memantau apabila masyarakat melakukan protokol kesehatan, yang berkaitan dengan Covid-19 (Coronavirus Disease 2019),” ujar Deysi, Kamis 09 Juli 2020.

Inovasi-inovasi yang dibuat Desa Kanonang 1, Deysi berharap, dapat menjadi barometer bagi desa-desa lain di Sulut.

Desa Kanonang raya ini masuk zona hijau karena belum ada pasien Covid-19,” ungkapnya.

Puskesmas Kawangkoan Barat, menurut Deysi, sering melakukan penyuluhan ke desa-desa, berkoordinasi dengan setiap hukum tua (kumtua).

Apabila terdapat pasien dengan gejala Covid-19, kumtua akan segera melaporkannya kepada kami,” jelasnya.

Begitu juga, Deysi melanjutkan, apabila ada informasi dari Tim Gugus Kabupaten atau dari Dinas Kesehatan tentang pasien yang terindikasi positif. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan Puskesmas dan kumtua setempat.

Kami imbau kepada masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan yang berhubugan dengan Covid-19 agar kita semua bisa terhindar dari pandemi ini,” imbaunya.

BACA JUGA: Kanonang 1, Kampung Tangguh Sulut

Leave a Reply