Kapolda Sulut, Irjen Bambang Waskito melakukan kunjungan kerja ke Polres Bolmong pada Sabtu 10 Februari 2018. (Foto: totabuan.co)
Kapolda Sulut, Irjen Bambang Waskito melakukan kunjungan kerja ke Polres Bolmong pada Sabtu 10 Februari 2018. (Foto: totabuan.co)

Kapolda Sulut: Ada Potensi Kerawanan di Pilkada

HUKUM | POLITIK

BOLMONG, publikreport.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Inspektur Jenderal (Irjen), Bambang Waskito menegaskan, perlu adanya koordinasi dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Pasalnya, potensi kerawanan kebanyakan timbul dari pihak penyelenggara.

“Semua daerah yang melaksanakan Pilkada, sesuai kaca mata saya, agak rawan. Makanya koordinasi harus terus dilakukan,” ungkap Bambang Waskito, saat diwawancarai jurnalis, Sabtu 10 Februari 2018, di sela kunjungan kerjanya ke Kepolisian Resort (Polres) Bolaang Mongondow (Bolmong).

Pilkada serentak 2018 ada enam daerah. Potensi kerawanan ini harus diantisipasi. Polda Sulut, Bambang mengatakan, telah berkoordinasi dengan Komando Daerah (Kodam) XIII/Merdeka untuk mengantisipasi kerawanan Pilkada, serta mengumpulkan semua Kapolres dengan arahan terus memantau perkembangan situasi.

“Langkah-langkah terus dilakukan. Terus diingatkan pihak penyelenggara untuk berlaku netral,” tegasnya.

BACA JUGA: Rp25,5 M, Biaya Pilkada Kota Kotamobagu

BACA JUGA: Pilkada Gorontalo, Anggota KPU Dilaporkan ke DKPP

BACA JUGA: Pilkada Serentak, ICW: Korupsi Juga Akan Serentak

Kunjungan kerjanya ke Polres Bolmong ini, menurut Bambang, guna mengecek kekuatan dan kesiapan personil serta sarana dan prasarana untuk membackup pengamanan Pilkada di dua daerah, yakni Kota Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

“Polda sendiri menyiapkan 400 personil BKO,” ujarnya.

Pengamanan Pilkada di Kota Kotamobagu dan Bolmut, Bambang menambahkan, juga melibatkan TNI, yakni ada satu kompi dan satu batalyon TNI yang siap membackup, termasuk patrol bersama hingga penjagaan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal ini berdasarkan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kapolri dan Panglima TNI. | TOTABUAN.co

Leave a Reply