You are currently viewing Kapolres: Talaud Belum Ada Potensi Karhutla
Ilustrasi.

Kapolres: Talaud Belum Ada Potensi Karhutla

MELONGUANE, publikreport.com – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Prasetya Sejati mengungkapkan, di wilayah Kepulauan Talaud belum ada potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Meski belum ada potensi, namun dirinya mengeluarkan imbauan terkait pencegahan terjadinya karhutla, apalagi sudah memasuki musim kemarau dan angin kencang.

Hingga saat ini di wilayah Kepulauan Talaud belum ada potensi karhutla,” ujar Prasetya, Kamis 15 Agustus 2019, sore.

Potensi terjadinya karhutla, Prasetya mengatakan, dominan penyebabnya adalah faktor manusia. Untuk wilayah Kepulauan Talaud sendiri daerah yang berpotensi terjadi karhutla adalah area perkebunan.

Faktor utama itu kan buka lahan, ada yang buka lahan dengan api, tapi mungkin teledor, apinya tidak dipadamkan semua ketika lahannya sudah terbuka,” jelasnya.

Masyarakat, Prasetya meminta, agar masyarakat berhati-hati saat beraktifitas di kebun dan membuang puntung rokok.

Berhati-hati dalam beraktifitas di kebun, jangan membuang puntung rokok disembarang tempat atau dekat-dekat ilalang ataupun rumput yang mudah terbakar,” imbaunya.

Sekali lagi kami tegaskan kepada masyarakat ataupun badan usaha atau mungkin perusahaan yang sedang melaksanakan pembersihan lahan, jangan memakai api. Namun lakukanlah sesuai dengan ketentuan yang ada,” sambungnya.

BACA JUGA: Tak Bisa Atasi Karhutla, Presiden: Copot Pangdam, Kapolda, Danrem dan Kapolres

BACA JUGA: Bakar Lahan dan Hutan, Sanksinya 15 Tahun Penjara

Leave a Reply