Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Dermaga Bunaken, Jumat 05 Juli 2019.
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Dermaga Bunaken, Jumat 05 Juli 2019.

Kawasan Wisata Bunaken Akan Direvitalisasi

MANADO, publikreport.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berencana merevitalisasi kawasan wisata Bunaken. Untuk itu bakal dibentuk tim penanganan kawasan wisata Bunaken yang tugasnya mulai dari mempercepat pengelolaan tata ruang, inventarisasi kepemilikan, pemanfaatan, pengggunaan tanah sampai pada pengelolaan tapal batas.

Hal ini terungkap pada rapat pembahasan tentang revilitasasi kawasan wisata Bunaken yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut, Edwin Silangen, Senin 15 Juli 2019, di ruang rapat WOC Kantor Gubernur Sulut.

Tim penanganan kawasan wisata Bunaken nantinya akan beranggotakan perangkat daerah Pemerintah Provinsi Sulut, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pariwisata (Dinpar), Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DinPMPTSP) dan Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdaprov.

Setelah terbentuk, tim akan berkoordinasi tentang tata ruang dengan Pemerintah Kota Manado,” kata Sekdaprov Sulut, Edwin Silangen.

BACA JUGA: 17-20 Juli 2019, Festival Bunaken

Setidaknya, menurut Edwin, ada empat hal yang harus diperhatikan dalam merevitalisasi kawasan wisata Bunaken.

Pertama, mengenai penanggulangan sampah.

Kedua, penataan status kewenangan masing-masing yang terlibat dikawasan wisata tersebut, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kota, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan masyarakat.

Ketiga, pembenahan dari sisi masyarakat mainland ke kawasan wisata, termasuk penyeberangan dari pelabuhan Manado menuju ke Bunaken

Keempat yaitu penanganan wisata terpadu yang ada di kawasan wisata Bunaken.

BACA JUGA: Usai Ratas Dengan Presiden, Olly: Sulut Ingin Datangkan Turis Sebanyak-banyaknya

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulut, Fredi Kolintama mengatakan harus ada peta yang tepat dari Pulau Bunaken, agar supaya dalan pelaksanaan revitalisasi dapat berjalan lancar. | VERONICA DSK

Leave a Reply