Kejaksaan Nyatakan Siap Periksa 9 Desa yang Selewengkan Dandes
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) MInut, Rustiningsih SH, yang didampingi sejumlah pejabat Kejaksaan Negeri (Kejari) Minut.

Kejaksaan Nyatakan Siap Periksa 9 Desa yang Selewengkan Dandes

HUKUM

AIRMADIDI, publikreport.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa Utara (Minut) menegaskan, siap memeriksa 9 desa yang diduga melakukan penyelewengan Dana Desa (Dandes) Tahun Anggaran (TA) 2018, jika berkasnya telah dimasukkan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DinsosPMD) Kabuapten Minut.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minut, Rustiningsih SH.

“Intinya kami siap periksa apa saja yang masuk dan dilaporkan ke kami,” tegas Rustiningsih SH, yang didampingi Kepala Seksi (Kasie) Intel, Ekaputra Polimpung MH kepada wartawan, Selasa 02 Juli 2019.

Permasalahan Dandes, menurut Rustiningsih, sudah menjadi perhatian pihaknya. Sudah ada sekitar 2 desa yang sudah diperiksa.

“Ada dua desa yang kami periksa, namun tidak ditemukan penyimpangan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Dana Desa Bermasalah, 9 Desa Bakal Ditangani Kejaksaan

Saat ini, Rustiningsih melanjutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Minut.

“Koordinasi dengan Inspektorat sangat penting. Sebab kami ada Jaga Desa yang mengawasi Dandes,” ujarnya.

Diketahui, DinsosPMD Kabupaten Minut bakal merekomendasikan ke Kejari Airmadidi untuk melakukan pemeriksaan terhadap 9 desa yang diduga telah melakukan penyelewengan Dandes TA 2018. Sebab, hingga pertengahan tahun ini, kesembilan desa tersebut belum juga memasukkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) penggunaan Dandes 2018. Namun pihak DinsosPMD Minut masih memberikan batas waktu sampai akhir bulan ini kepada 9 desa tersebut untuk menyelesaikan laporan penggunaan Dandes 2018. | GLENLY B

Tinggalkan Balasan