You are currently viewing Kelola Sampah Bakal Dapat Miliaran Rupiah
Tumpukan sampah di dalam bangunan Pasar Segar, Pasar Beriman Tomohon. Diketahui, Pasar Segar ini sudah berubah menjadi pasar pakaian baju bekas, atau masyarakat mengenalnya ‘cabo’. Foto diambil Kamis 06 Maret 2019. (foto: tommywahani/publikreport.com)

Kelola Sampah Bakal Dapat Miliaran Rupiah

TAHUNA, pblikreport.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana mengungkapkan apabila pemerintah pusat telah menyediakan anggaran sekitar Rp10 triliun bagi daerah-daerah yang konsen dalam menangani sampah.

“Bukan hanya mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID). Sampah harus dikelola dengan baik demi menjaga kelestarian alam. Tentunya kita juga harus hidup sehat. Ingat sampah plastik sangat berbahaya,” pesan Jabes.

Seluruh elemen masyarakat, Jabes berharap dapat secara sadar membuang sampah pada tempatnya, terutama sampah plastik.

“Sampah plastik haruslah kita berupaya meminimalkannya. Jangan buang sampah plastik secara sembarangan. Ini berbahaya, dan tentunya kita harus memperhatikannya,” imbaunya.

BACA JUGA: Kumpul Sampah Dapat Uang

BACA JUGA: Gerakan Bebas Sampah Masih Dianggap Seremonial Saja

BACA JUGA: Retribusi Sampah Dikeluhkan, Kepala DinLH: Pemerintah Kejar Target PAD

Penggunaan tas plastik, menurut Jabes, dapat diganti dengan bahan dari kertas atau membawa tas/keranjang sendiri saat berbelanja ke pertokoan/pasar.

“Harus ada perubahan dalam diri kita masing-masing,” ucapnya. | ARIFIN M

Leave a Reply