Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kemampuan ASN Diukur

MANADO, publikreport.com – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Femmy Suluh mengungkapkan, tuntutan terhadap kualitas aparatur pemerintahan semakin tinggi seiring dengan kebutuhan pembangunan bangsa yang juga terus meningkat. Hal ini dikarenakan perkembangan global serta tuntutan masyarakat luas terhadap kualitas pelayanan publik yang lebih baik lagi.

Mensolusikan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Sulut bekerjasama dengan Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kepolisian Daerah (Polda) Sulut menggelar assesment kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di ruang CJ Rantung, Kantor Gubernur Sulut, Selasa, 18 Desember 2018.

“Lewat tes ini kemampuan setiap ASN akan diukur, apakah betul-betul layak atau memenuhi kriteria jabatan yang tersedia,” kata Femmy.

Disamping itu, menurut Femmy, melalui assesment test ini dapat menghasilkan pemetaan jabatan ASN.

“Kita harus lakukan tes ini. Karena dalam kurun waktu lima tahun ke depan kita harus punya pemetaan jabatan. Assesment kompetensi ini sangat penting untuk mengukur gap kompetensi ASN,” jelasnya.

Kepala Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulut, Komisaris Polisi (Kompol) Winarko yang menjadi assessor pada tes yang diikuti sebanyak 125 ASN ini menjelaskan tujuan assesment kompetensi, yakni untuk mengukur kemampuan psikologi, pemetaan kepribadian, kemampuan sikap kerja, kemampuan manajerial, dan pemetaan minat kerja ASN. | VERONICA DSK

Leave a Reply