Kemarau Diperkirakan Hingga Akhir November 2019
Petani melihat kondisi tanah sawah yang retak akibat kekeringan di Desa Cot Trieng, Muara Satu, Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Minggu, 16 Oktober 2016. (Foto: Antara)

Kemarau Diperkirakan Hingga Akhir November 2019

TONDANO, publikreport.com – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa, Johanes Pesik mengungkapkan, setidaknya dalam dua bulan kedepan, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), masih akan menghadapi musim kemarau. Hal ini dikemukakannya, berdasarkan informasi terkini dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika).

Musim kemarau di Sulut termasuk di Kabupaten Minahasa masih akan berlangsung hingga akhir November 2019,” kata Johanes kepada sejumlah wartawan, Rabu 04 September 2019.

Akibat kemarau berkepanjangan, Johanes mengatakan, telah terjadi benana kebakaran rumah, hutan dan lahan (karhutla) yang cukup signifikan. Data terbaru Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kabupaten Minahasa, dalam 3 bulan terakhir ini telah terjadi 32 kasus kebakaran. Terbanyak adalah kebakaran lahan.

Peristiwa kebakaran terbanyak terjadi di bulan Agustus 2019,” ungkapnya.

Karena musim kemarau yang masih berlangsung, menurut Johanes, Bupati Kabupaten Minahasa, Royke Octavianus Roring sudah mengeluarkan imbauan kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dan waspada terjadinya kebakaran.

BACA JUGA: Tak Bisa Atasi Karhutla, Presiden: Copot Pangdam, Kapolda, Danrem dan Kapolres
BACA JUGA: Bakar Lahan dan Hutan, Sanksinya 15 Tahun Penjara

Bupati menghimbau kepada masyarakat, petani agar menghindari dulu kegiatan membakar saat membuka lahan, karena kegiatan itu bisa menimbulkan karhutla,” ucapnya.

Sementara masyarakat yang beraktivitas di rumah, Johanes melanjutkan, agar selalu memperhatikan peralatan yang berhubungan dengan api.

Bupati mengingatkan masyarakat supaya pastikan kompor sudah dimatikan sebelum keluar, pastikan lilin padam saat ditinggalkan, pastikan jaringan listrik aman agar tidak terjadi korsleting (hubungan arus pendek listrik),” tambahnya. | JOPPY JW