Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kembali, Sindikat Perdagangan Manusia Terungkap

KRIMINALITAS

BITUNG, publikreport.com – Tim Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Kesatuan Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung, kembali mengamankan seorang lelaki berinisial EH alias Erwin (39). Erwin ditangkap di wilayah Kecamatan Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Minggu 11 Maret 2018.

Penangkapan dilakukan, setelah salah satu ibu rumah tangga (IRT) Lisa, melapor ke Polsek KPS Bitung. Dalam laporan disebutkan, anak perempuannya, sebut saja Mawar (13), telah dibawa oleh seorang perempuan berinisial ISS alias Nasar ke Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulteng, dengan menumpang Kapal Motor (KM) Sinabung, pada Senin, 08 Januari 2018, sekitar pukul 12.00 WITA. Mawar diduga akan dipekerjakan sebagai pelayan di sebuah café.

Keberangkatan anaknya ke Banggai, menurut Lisa, tidak diketahuinya. Nanti diketahui setelah korban pulang dari Banggai, pada Senin, 29 januari 2018 dan menceritakan semua kejadian yang dialaminya. Selama di Banggai Laut dipekerjakan di café penjual minuman beralkohol sebagai pelayan. Dan melayani tamu lelaki.

Kapolsek KPS Bitung, Inspektur Satu (Iptu) Fandi Ba’u mengatakan, berdasarkan keterangan korban dan ibunya, kepolisian kemudian melakukan pengejaran terhadap para tersangka.

“Perempuan Nasar akhirnya kita tangkap pada 29 Januari 2018. Dari keterangannya, kemudian tiim berangkat untuk menjemput tersangka EH di Banggai Laut,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan, menurut Fandi, tersangka Nasar hanya disuruh untuk mencari perempuan yang akan dipekerjakan di café. Sedangkan Erwin merupakan pemilik café.

“Tersangka sudah kita amankan dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” ujarnya. | ALFIAN TEDDY

Leave a Reply