Kenapa Anoa Dijuluki Kerbau Kerdil?
Anoa dataran rendah. (Foto: Dok. Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone/mongabay.co.id).

Kenapa Anoa Dijuluki Kerbau Kerdil?

Anoa merupakan satwa endemik Sulawesi. Julukannya unik, kerap disebut sapi atau kerbau kerdil sulawesi. Ada dua spesies anoa yang kita ketahui bersama, yaitu anoa dataran rendah [Bubalus depressicornis] dan anoa gunung [Bubalus quarlesi].

Anoa merupakan salah satu fauna khas Sulawesi yang kehidupannya tak luput dari ancaman. Mulai dari habitatnya yang terganggu akibat alih fungsi hutan menjadi perkebunan, pertambangan, atau pemukiman, hingga perburuan ilegal yang masih terjadi.

Status konservasi anoa dataran rendah dan anoa gunung, berdasarkan badan konservasi dunia IUCN [International Union for the Conservation of Nature] adalah Genting [Endangered/EN]. Di dalam negeri, berdasarkan Permen LHK Nomor P.106/2018, keberadaannya berstatus sebagai satwa dilindungi.

Kenapa dijuluki kerbau kerdil?

Bentuk anoa yang menyerupai kerbau membuatnya sering disebut sebagai kerbau kerdil. IUCN [2013] menjelaskan, bahwa saat ini terdapat lima jenis spesies kerbau yang masih hidup. Pertama; kerbau air asia [Bubalus arnee] yang tersebar di India, Bhutan, Nepal, Kamboja, dan Thailand. Kedua; tamaraw [Bubalus mindorensis] yang merupakan endemik Pulau Mindoro Filipina. Ketiga; anoa dataran rendah [Bubalus depressicornis) endemik Sulawesi. Keempat; anoa gunung [Bubalus quarlesi] endemik Sulawesi. Kelima; kerbau afrika [Syncerus caffer] terdapat di Afrika.

Dalam buku berjudul “Ekologi, Prilaku, dan Konservasi Anoa” [Desember, 2019], yang ditulis oleh Abdul Haris Mustari, peneliti dan pengajar pada Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan IPB, dijelaskan mengenai asal usul leluhur anoa. Buku ini disebut sebagai buku pertama yang membahas anoa secara komprehensif.

Menurut Haris, berat badan anoa dataran rendah berkisar 80–100 kg bahkan ada yang mencapai 120 kg. Tetapi ini jarang ditemui. Sementara anoa gunung sekitar 60–80 kg. Kerbau air asia, serta dua sub spesies turunannya; kerbau rawa dan kerbau sungai memiliki berat badan 800–1.000 kg. Kerbau afrika bobot badannya berkisar 500–1.000 kg.

“Berdasarkan berat badan beberapa jenis kerbau diketahui bahwa anoa adalah jenis kerbau terkecil di dunia. Karena ukurannya kecil untuk kategori kerbau, maka anoa disebut juga kerbau kerdil atau kerbau cebol [dwarf buffalo],” ungkap Haris Mustari dalam bukunya.