Pohon tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan manusia tetapi juga untuk kehidupan satwa, lingkungan kita, dan alam semesta. (Foto: Rhett Butler/Mongabay.com)
Pohon tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan manusia tetapi juga untuk kehidupan satwa, lingkungan kita, dan alam semesta. (Foto: Rhett Butler/Mongabay.com)

Kepedulian Kita pada Pelestarian Pohon Masih Rendah?

Bagaimana nasib pohon-pohon di Indonesia saat ini?

Bagaimana pula perlindungan terhadap pohon langka?

Ketua Forum Pohon Langka Indonesia (FPLI), Tukirin Partomihardjo, mengatakan nasib pohon-pohon di Indonesia belum menentu hingga saat ini. Kondisi tersebut terjadi akibat belum adanya keberpihakan para pengambil kebijakan untuk benar-benar melindunginya. Belum lagi, kepedulian masyarakat yang rendah untuk menjaga kehidupan pepohonan.

“Ancaman utama yang terlihat jelas adalah pemanfaatan berlebihan yang tidak diimbangi penanaman secara nyata. Dampaknya, pohon-pohon di Indonesia berkurang, terbatas jumlahnya, menjadi langka dan endemik keberadaannya,” terangnya.

Tukirin menjelaskan, Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN) mencatat, lebih dari 487 jenis pohon di Indonesia terancam punah. Selebihnya, masih banyak yang belum diketahui.

“Peneliti di dunia memperingatkan, saat ini Bumi sedang memasuki era kepunahan massal keenam. Sebagian besar spesies hidupan liar berada dalam krisis menghadapi kepunahan, tidak terkecuali jenis pohon. Kondisi yang tak terkecuali terjadi di Indonesia, untuk itu kita harus bergerak,” tuturnya baru-baru ini di Jakarta pada talkshow Pohon Langka Melawan Punah.

Forum Pohon Langka Indonesia, sejak September 2017, telah mengusulkan perlindungan 12 jenis pohon langka. Status pohon-pohon tersebut adalah empat jenis digolongkan Kritis (Critically Endangered), satu jenis Genting (Endangered), dua jenis Rentan (Vulnerable), dan lima jenis belum dilakukan penilaian.

BACA JUGA: Krisis Air Bersih Intai Tomohon

Leave a Reply