Koperasi di Sulut Sebanyak 4.000
Edwin Silangen, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut.

Koperasi di Sulut Sebanyak 4.000

MANADO, publikreport.com – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Edwin Silangen mengungkapkan, jumlah koperasi di Sulut mencapai 4.000. Banyak koperasi ini tentunya perlu dibangun sinergitas pemangk terkait, sektor koperasi dan usaha kecil menengah guna memajukan perekonomian di daerah.

“Ada 4.000-an koperasi di Sulut. Kita tidak bisa membangun koperasi sendirian, karena resource terbatas. Sebagai contoh kemampuan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) kabupaten dan kota berbeda-beda. Karena itu kita harus bersinergi dalam upaya memajukan perekonomian daerah,” kata Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pemberdayaan Koperasi dan UKM, Kamis, 22 Maret 2018.

Perkembangan koperasi ini, menurut Edwin, terus menunjukan kinerja yang sangat menggembirakan. Dimana, hingga hingga akhir 2017, perekonomian Sulut mampu bertumbuh 6,32 persen. Angka kemiskinan mampu ditekan hingga angka 7,9 persen atau turun sebesar 1,08 persen, jika dibandingkan dengan 2016. “Pencapaian positif ini tak lepas dari peranan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM),” tuturnya.

Koperasi, Edwin melanjutkan, adalah sumber kekuatan ekonomi nasional yang mampu bertahan di tengah krisis.

“Koperasi adalah pilar ekonomi nasional selain dari sektor swasta dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Koperasi juga mampu bertahan di tengah krisis dan mampu menunjang pertumbuhan perekonomian,” bebernya.