You are currently viewing Korban Gempa Iran Nantikan Bantuan
Gempa Iran, 250 Orang Tewas.

Korban Gempa Iran Nantikan Bantuan

Korban gempa Iran tengah menanti uluran tangan semua pihak untuk membantu mereka bertahan dari lapar dan udara dingin ekstrim. Para korban selamat dari gempa dahsyat akhir pekan lalu yang menewaskan lebih dari 500 orang di Iran barat itu memohon aparat setempat untuk mengirimkan makanan dan tempat berlindung.

Pejabat Iran membatalkan operasi penyelamatan di awal hari dengan alasan ada sedikit kesempatan untuk menemukan lebih banyak korban selamat dari gempa tersebut, yang menewaskan setidaknya 530 orang dan melukai ribuan lainnya. Itu adalah gempa paling mematikan di Iran dalam lebih dari satu dekade.

Banyak korban yang selamat kehilangan tempat tinggal akibat gempa berkekuatan 7,3  pada hari Minggu, 12 November 2017. Gempa yang melanda desa dan kota di provinsi Kermanshah di sepanjang perbatasan pegunungan dengan Irak, berjuang melalui hari suram demi makanan, air dan tempat tinggal.

Iran sejauh ini menolak tawaran bantuan asing untuk mengatasi guncangan tersebut, yang menurut pejabat merusak 30.000 rumah dan menghancurkan dua desa secara total.

“Kami lapar. Kami kedinginan. Kami kini adalah tunawisma. Kami sendirian di dunia ini,” kata Maryam Ahang yang kehilangan 10 anggota keluarganya di eilayah Sarpol-e Zahab, kota paling parah terdampak gempa, seperti dikutip dari Japan Times, 15 November 2017.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mendesak badan-badan pemerintah pada hari Selasa, 14 September 2017 untuk mempercepat upaya bantuan. Presiden Hassan Rouhani juga telah berkunjung ke wilayah yang tertimpa bencana, berjanji untuk menyelesaikan masalah dalam waktu singkat.

Ribuan orang meringkuk di kamp darurat, sementara banyak lainnya memilih untuk menghabiskan malam yang dingin di tempat terbuka karena mereka takut menjadi korban gempa susulan.

Leave a Reply