Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, 22 Maret 2017. (Foto: Reuters)
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, 22 Maret 2017. (Foto: Reuters)

Korea Utara Masuk Daftar Negara Teroris, Ini Target Amerika

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson mengatakan dengan Korea Utara masuk daftar negara pensponsor teroris, maka pihak ketiga akan dihalangi untuk melakukan kegiatan tertentu dengan Pyongyang.

“Efek praktisnya adalah … hal itu mungkin mengganggu, dan menghalangi pihak ketiga untuk melakukan kegiatan tertentu dengan Korea Utara,” kata Tillerson, seperti yang dilansir Reuters pada 21 November 2017.

Nama Korea Utara kembali dimasukkan dalam daftar negara terorisme kemarin. Selanjutnya Amerika akan menjatuhkan sanksi lebih banyak lagi kepada negara itu.

Memasukkan kembali nama Korea Utara dalam daftar negara teroris terjadi seminggu setelah Trump kembali dari perjalanan 12 hari ke lima negara ke Asia. Trump menjadikan isu Korea Utara sebagai agenda utama kunjunganya.

Trump, yang sering mengkritik kebijakan pendahulunya terhadap Pyongyang, mengatakan, nama Korea Utara seharusnya masuk dalam daftar negara pensponsor terorisme sejak lama.

Korea Utara dimasukkan ke dalam daftar negara sponsor terorisme Amerika untuk pertama kalinya pada tahun 1987 setelah mendalangi pengeboman sebuah penerbangan Korean Air yang membunuh 115 orang penumpang dan kru. Namun mantan Presiden George W. Bush yang didukung partai Republik, menghapus Pyongyang dari daftar itu pada tahun 2008 sebagai imbalan atas kemajuan dalam perundingan denuklirisasi. | TEMPO.co

Leave a Reply