KPK Diminta Periksa Anggaran Pembangunan Rudis Bupati Minut
Kondisi Rumah Dinas Bupati Kabupaten Minahasa Utara, di mana dinding sudah dipenuhi coretan. Bahkan sejumlah kalangan menuding Rudis ini telah dijadikan tempat esek-esek oleh oknum yang tak bertanggung jawab dan tak tahu malu.

KPK Diminta Periksa Anggaran Pembangunan Rudis Bupati Minut

AIRMADIDI, publikreport.com – Rumah Dinas (Rudis) Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang dibangun dimasa kepemimpinan Sompie Singal diperkirakan menelan anggaran Rp1,5 miliar yang bersumber dari APBD TA 2013. Kini Rudis bergaya Eropa ini mendapat sorotan dari berbagai elemen masyarakat. Mereka meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa anggaran pembangunan Rudis itu.

“Anggaran yang digunakan untuk pembangunan Rudis Bupati ini cukup besar dan itu perlu diperiksa oleh KPK,” kata Pemerhati Sosial Kemasyarakatan Kabupaten Minut, Husen Tuahuns kepada wartawan belum lama ini.

KPK patut memeriksa anggaran pembangunan Rudis ini, menurut Husen, karena mereka mensinyalir telah terjadi perencanaan pembangunan yang amburadul dan ada kongkalingkong.

“Kalau sudah ada unsur konkalikong dalam pembangunan Rudis tersebut, maka bisa masuk dalam kasus pidana,” ujarnya.

Bangunan megah yang hanya dijadikan lokasi esek-esek oleh orang tak bertanggung jawab dan tak tahu malu, sangat disayangkan Husen. Parahnya dinding Rudis kini dipenuhi coretan.

“Perlu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Minut. Penempatan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) sangat diperlukan,” imbaunya.

BACA JUGA: Kesal, Pria Ini Rusak Rumah Dinas

BACA JUGA: Warga Tuding Program Bedah Rumah Pilih Kasih

Kepada pihak DPRD Kabupaten Minut, Husen menyerukan, agar tak mengabulkan usulan anggaran untuk perawatan Rudis. Alasannya, belum ada pertanggungjawaban atas kerusakan selama tidak tidak ditinggali.

BACA JUGA: 450 Rumah Milik Warga Kurang Mampu Direnovasi

Bupati Kabupaten Minut, Vonnie Aneke Panambunan menjelaskan, akan dilakukan lelang untuk renovasi rumah dinas itu.

“Jika sudah selesai direnovasi, saya akan tinggal di situ,” jelasnya. | CHRISTIAN G