You are currently viewing Lagi, Manado Dikepung Banjir

Lagi, Manado Dikepung Banjir

MANADO, publikreport.com – Kembali Kota Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dilanda banjir. Banjir terjadi di sejumlah wilayah diakibatkan hujan yang terus mengguyur Kota Manado dan sekitarnya (Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon) sejak Kamis 31 Januari 2019 hingga Jumat 01 Februari 2019.

Warga yang kuatir air akan terus naik, bersiap-siap mengungsi ke daerah yang lebih tinggi dengan terlebih dulu mengevakuasi barang-barang.

Selain banjir terpantau di sejumlah kawasan juga nampak pohon tumbang menutupi jalan raya dan longsor.

BACA JUGA: Di AS, Olly: Banjir Siklus 4-5 Tahunan
BACA JUGA: Nona Teringat Banjir Beberapa Waktu Lalu

Berikut sejumlah wilayah yang dilanda banjir di Kota Manado, Jalan Ahmad Yani, Sario, kompleks KONI, Jalan Siswa, Jalan Kembang, Perkamil, Bailang, Tuna, Tikala, Taas, Banjer, Sumompo, Jalan 17 Agustus, Kairagi, Malalayang, Bahu, Mapanget, Tuminting dan tempat-tempat lain.

Hingga berita ini dibuat, hujan masih mengguyur Kota Manado dan sekitarnya. Akibatnya air di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Kota Manado terus naik.

BACA JUGA: Banjir Landa Kota Manado

Warga berharap Pemerintah Kota Manado dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kota Tomohon serta Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara (Minut) untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama hutan lindung dan cagar alam yang ada.

Pemerintah Kota Manado juga diharapkan konsisten dalam memberikan ijin permukiman dan pusat perbelanjaan (kawasan bisnis). Pembangunan dimintakan harus berpijak pada kelestarian lingkungan.

Warga masyarakat juga diharapkan dapat menunjang dan memelihara hasil-hasil pembangunan yang telah dibuat pemerintah, antaranya dengan membersihkan saluran-saluran air maupun DAS dari sampah, tidak membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA: Likupang Diterjang Banjir

Leave a Reply