You are currently viewing Lahan Pemakaman Khusus Disiapkan Pemprov Sulut
Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey melakukan video conference dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, Rabu 22 April 2020.

Lahan Pemakaman Khusus Disiapkan Pemprov Sulut

MANADO, publikreport.com – Melalui video conference dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, Rabu 22 April 2020, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey menyatakan apabila pihaknya akan menyiapkan lahan pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19 (Coronavirus Disease 2019). Hal untuk mencegah terulangnya insiden penolakan jenazah pasien Covid-19 seperti yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

“Sementara ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sedang berkoordinasi untuk menyiapkan lahan seluas lima hektar untuk dijadikan tempat pemakaman jenazah pasien Covid-19. Koordinasi dilakukan agar tidak ada penolakan,” beber Olly.

Selain lahan, Olly melanjutkan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut juga menyiapkan peralatan lengkap, termasuk alat berat, seperti excavator untuk penggalian lubang kuburan.

“Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik. Dan tentunya mudah-mudahan apa yang kita persiapkan ini tidak terpakai,” ujarnya.

BACA JUGA: Jenazah PDP Dimakamkan dengan Protokol Covid-19 di Pekuburan Talete

Dalam video conference ini, Olly juga mengungkapkan tentang sulitnya mendapatkan reagen yang dipergunakan untuk mengetahui reaksi kimia dan menandakan darah seseorang itu mengandung Virus Corona.

“Kami sudah siapkan laboratorium dan peralatan di rumah sakit daerah. Kendalanya sulit mendapatkan ektraksi reagen. Mudah-mudahan pusat laboratorium Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Sulut beroperasi akhir bulan ini, sehingga tidak terkendala lagi mendapatkan hasil test,” paparnya.

BACA JUGA: Satu Orang PDP Meninggal Dunia di RSUD Anugrah Tomohon

Leave a Reply