You are currently viewing Langgar Prokes Covid-19, Sanksi Menanti
Ilustrasi.

Langgar Prokes Covid-19, Sanksi Menanti

MANADO, publikreport.com – Data hingga Senin 14 Desember 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinis Sulawesi Utara (Sulut) bertambah. Menyikapi hal tersebut, Kepolisian Daerah (Polda) Sulut menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulut, Senin 14 Desember 2020, sore.

Hadir pada rakor tersebut, antaranya jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, perwakilan Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka, Komando Resort Militer (Korem) 131/Santiago, pejabat utama Polda Sulut serta perwakilan pengelola pusat perbelajaan di Kota Manado.

Sejumlah kesepakatan diputuskan dalam rakor itu. Salah satunya, seluruh tempat hiburan, pusat perbelanjaan, restoran dan tempat keramaian lainnya di Kota Manado, maksimal beroperasi hingga pukul 22.00 WITA, setiap harinya.

“Seluruh pengelola pusat perbelanjaan, restoran, dan tempat hiburan untuk benar-benar mentaati hasil kesepakatan bersama tersebut,” kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulut, Brigadir Jenderal (Brigjen) Rudi Darmoko, yang memimpin rakor.

Jika melanggar, Rudi menegaskan, akan dikenai tindakan tegas, bahkan hingga sanksi penutupan tempat usaha oleh dinas terkait, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, masyarakat yang kedapatan melanggar Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, Rudi menyatakan, juga bisa dijatuhi sanksi tegs sesuai ketentuan, baik yang tertuang dalam Undang-Undang (UU)/Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Peraturan Gubernur (Pergub), Peratuan Walikota (Perwako), Peraturan Bupati (Perbup) juga Maklumat Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia). Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes Covid-19, yakni melaksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

“Kedisiplinan masyarakat itu sangat penting, sangat berpengaruh terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Mari kita patuhi protokol kesehatan, demi keamanan dan keselamatan bersama,” imbaunya.

Leave a Reply