Ilustrasi, Lebaran Ketupat di Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulut.
Ilustrasi, Lebaran Ketupat di Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulut.

Lebaran Ketupat di Kampung Jawa Tomohon

RELIGI

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Warga Muslim di Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu 12 Juni 2019, merayakan hari raya Lebaran Ketupat. Lebaran Ketupat ini bagi masyarakat Kampung Jawa sudah merupakan tradisi setiap tahun, yakni dilaksanakan satu pekan setelah hari raya Idul Fitri.

“Hari raya Lebaran Ketupat adalah ajang silaturahmi dan adat masyarakat setelah menikmati hari raya Idul Fitri. Lebaran Ketupat bukan hanya untuk masyarakat Kampung Jawa saja, tetapi didatangi masyarakat lainnya dari agama lain untuk saling silaturahmi dan memaafkan,” jelas pimpinan Dewan Masjid Kota Tomohon, Zamroni Khan.

Pengamanan

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort (Polres) Tomohon, Komisaris Polisi (Kompol) Marganda Aritonang, mengeluarkan surat perintah pengamanan hari raya Lebaran Ketupat yang ditandatangani Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tomohon, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Raswin B Sirait. 155 personil Polres dibantu tiga Kepolisian Sektor (Polsek), yakni Polsek Tomohon Selatan, Tomohon Tengah dan Tomohon Utara diterjunkan.

Dalam pengamanan tersebut, 45 personil melaksanakan tugas di Kampung Jawa, selebihnya memantau di wilayah Polsek masing-masing yang akan dilalui kendaraan dari dan akan ke Kota Tomohon lebih khusus Kampung Jawa.

KBO Satuan Lalu Lantas (Lantas) Polres Tomohon, Inspektur Satu (Iptu) Meyti Lasut menjelaskan, pihaknya telah mengatur personil yang menempati setiap persimpangan dan ruas jalan kelurahan. Lengkap dengan rambu lalu lintas guna memaksimalkan jalan masuk dan keluar.

“Warga yang akan dikunjungi tamu untuk menaati aturan parkir satu arah. Ruas jalan sebagai pintu masuk dan keluar kelurahan terdapat dua jalur. Ikutilah aturan tersebut supaya tercipta kenyamanan berlebaran ketupat di daerah kita,” kata Meyti yang didampingi Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Tomohon Selatan, Iptu Alex Karundeng sebagai penanggung jawab pengamanan lokasi. | TOMMY WAHANI

Leave a Reply