You are currently viewing Lepas Fun Bike, Pangdam Jelaskan Nama Kodam XIII/Merdeka
Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayor Jenderal (Mayjen) Tiopan Aritonang dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Inspektur Jenderal (Irjen) Remigius Sigid Tri Hardjanto bersama pejabat Pemerintah Provinsi Sulut, Sabtu 30 Maret 2019, saat memeriksa pasukan pada apel gelar pasukan yang dilaksanakan di lapangan GOR KONI, Sario, Manado.Gelar pasukan ini dilaksanakan untuk pengamanan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang akan datang ke Manado, Minggu 31 Maret 2019.

Lepas Fun Bike, Pangdam Jelaskan Nama Kodam XIII/Merdeka

MANADO, publikreport.com – Terkait nama Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka, Panglima Daerah (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayor Jenderal (Mayjen) Tiopan Aritonang menjelaskan, nama tersebut diambil dari operasi yang dilaksanakan TNI (Tentara Nasional Indonesia) ketika menumpas Permesta di Sulut.

Nama operasi itu ‘Merdeka’ yang dilaksanakan tanggal 16 Juni 1958,” ujar Tiopan saat melepas peserta sepeda santai bertajuk ‘Jaya Sakti Fun Bike’, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam XIII/Merdeka ke-61, di Manado, Sabtu 15 Juni 2019.

Namun, Tiopan mengatakan, tahun 1985, Kodam XIII/Mereka dan Kodam XIV/Hasanuddin digabung menjadi satu menjadi Kodam VII/Wirabuana. Pada tanggal 20 Desember 2016, Kodam VII/Wirabuana dipecah lagi yang di selatan menjadi Kodam XIV/Hasanudin dan di utara menjadi Kodam XIII/Merdeka.

“Jadi tanggal lahir Kodam XIII/Merdeka diambil saat berdiri dulu pada tanggal 16 Juni 1958. Kalau dihitung sekarang 61 tahun,” jelasnya.

Jaya Saksi Fun Bike diikuti ribuan peserta.

Terima kasih para bikers sekalian yang telah hadir memenuhi undangan kami untuk merayakan peringatan keenam puluh satu Kodam XIII/Merdeka. Terima kasih atas kedatangannya,” ucap Mayjen Tiopan Aritonang. “Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya iven tersebut,” sambungnya.

Sepeda santai ini diikuti antara, Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulut, Brigadir Jenderal (Brigjen) Karyoto, Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulut, Sofyan Antonius, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut, Arbonas Hutabarat dan Pemimpin Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Manado, Andarias Pangayang. | VERONICA DSK

Leave a Reply